Minat Jadi Agen Pemain Sepakbola? Intip Tips dan Cara Kerjanya Biar Sukses

by -
Mino Raiola, salah satu agen terkemuka dunia (Foto: AFP/Josep Lago)

METROPOLITAN.id – Saat ini, agen pemain sepakbola menjadi bagian penting dalam perjalanan karier seorang pesepak bola.

Bintang-bintang lapangan hijau seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun menggunakan jasa agen dalam karier mereka.

Di dunia sepak bola, ada beberapa agen pemain papan atas yang namanya sudah sangat dikenal secara luas.

Beberapa di antaranya adalah Jorge Mendes yang merupakan agen Cristiano Ronaldo dan super agen Mino Raiola yang memiliki klien pemain-pemain top semisal Paul Pogba, Erling Haaland, Gianluigi Donnarumma, serta Zlatan Ibrahimovic.

Mengutip Goal, agen dalam sepak bola adalah perwakilan dan perantara yang menangani kepentingan seorang atau beberapa pemain.

Salah satu tugas seorang agen pemain sepak bola adalah bertindak sebagai perantara dalam transfer dan negosiasi kontrak. Namun, tugas agen tidak hanya ini saja.

Tugas dan tanggung jawab agen meliputi:

Negosiasi kontrak untuk mencapai hasil terbaik bagi klien.
Mengamankan dukungan yang menguntungkan dan kesepakatan sponsor.
Mengatur penampilan di televisi, radio, dan media lainnya.
Memberikan tawaran kepada wartawan untuk mendapatkan akses wawancara kepada pemain.

Baca Juga  Wanti-wanti Bangun Perkantoran Baru di Katulampa Jangan Pakai APBD, Ketua DPRD Kota Bogor : Saya Tidak Setuju

Lantas bagaimana cara kerja agen pemain sepak bola?

Di Indonesia, saat ini sudah ada banyak agen pemain sepak bola, salah satunya adalah Aggy Eka Ressy.

Meski tergolong sebagai agen pendatang baru, Aggy telah sukses mendatangkan beberapa pemain asing yang mampu tampil bagus di Liga Indonesia.

Salah satunya adalah Aryn Williams, gelandang bertahan asal Australia yang menunjukkan performa apik bersama Persebaya Surabaya pada Liga 1 2019 lalu.

Pada tahun ini, beberapa klien Aggy juga sudah bergabung dengan klub-klub Liga 1. Sebut saja Taisei Marukawa dan Jose Wilkson di Persebaya, Adam Mitter (Persita Tangerang), serta Dionatan Machado (Persik Kediri).

Dalam wawancara dengan KOMPAS.com pada awal Juli ini, Aggy menjelaskan bagaimana cara kerja seorang agen pemain sepak bola.

Dalam proses mencari pemain yang nantinya menjadi klien, seorang agen memiliki database yang di-update setiap dua bulan sekali.

Baca Juga  Ini Pengakuan Pelaku Cabul ABG di Bogor

“Kalau saya cari itu (pemain) memang memiliki database. Setiap dua bulan sekali di-update statusnya bagaimana, dia bermain di klub mana sekarang, masih bermain atau tidak, penampilannya bagaimana, cedera atau tidak. Contohnya seperti itu,” tutur Aggy.

“Selain itu, update data juga seperti statistik dan juga video. Bagaimana caranya kita bisa dapat mereka? Pertama, saya memiliki koneksi di luar negeri yang kenal dengan scout pemain dan juga agen di sana.

Ketika kenal, pemain itu akan merekomendasikan ke pemain-pemain lain (teman-temannya dia). ‘Ini ada ada agen Aggy dari Indonesia’. Lalu mereka mengontak saya.”

“Yang kedua, kami memiliki software berbayar yang di situ isinya database pemain di seluruh dunia. Ini tidak semua orang bisa akses, yang bisa hanya pelatih, pemain, agen, dan klub. Kita harus kontak administratornya untuk membuat akun di software itu lalu diseleksi dulu,” tutur Aggy.

Baca Juga  PKL Bogor Ngotot Jualan di Trotoar Pasar Kebon Kembang

Ketika menemukan pemain bagus di database-nya, langkah selanjutnya seorang agen adalah berkomunikasi dengan scout untuk melakukan verifikasi.

Kita memiliki partner agen dan scout di banyak negara. Ada orang Brasil, Eropa, Jepang kita punya. Kita harus percaya kepada orang itu. Selain skill, mereka juga melihat attitude. Kalau sudah oke semua, kita langsung in touch, langsung telepon,” kata Aggy.

Lebih lanjut, Aggy mengungkapkan bahwa ada banyak faktor dalam proses pencarian pemain hingga mendapatkan kontrak di klub.

Iya, ada insting pelatih dan klub juga. Sebagai contoh, saya punya pemain yang baru masuk di Persib (Mohammed Rashid). Pernah saya tawarkan beberapa klub dan tertarik, tapi akhirnya memilih Persib,” ujar pria asal Semarang tersebut.

“Jadi, semua elemen berperan, tidak hanya saya,” imbuhnya.

Aggy juga menjelaskan bahwa klub dan agen berjalan dinamis dalam hal perekrutan pemain. (kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.