Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Mulai Diproduksi di Cikarang

by -

METROPOLITAN – Di 2022 merupakan momen penting bagi PT Hyundai Motors In­donesia (HMID). Pasalnya, pabrikan merek Korea Selatan itu memastikan akan mem­produksi mobil listrik di pabrik barunya di Indonesia. Unit tersebut adalah Hyundai IO­NIQ 5 yang akan diproduksi secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi.

Hal ini dipastikan Chief Ope­rating Officer PT HMID, Mak­mur. “Kami akan mempro­duksi Hyundai IONIQ 5 tahun ini, namun bulannya berapa, tunggu saja,” ujarnya saat acara Media Experience Day with Hyundai, beberapa wak­tu lalu (13/1).

Sayangnya, perihal waktu pastinya, Makmur masih menutup rapat informasi ini. Memang jauh sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Ba­dan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Laha­dalia pada saat peresmian groundbreaking pabrik bate­rai Hyundai dan LG beberapa waktu lalu telah menyinggung terkait hal ini.

Baca Juga  Hyundai Ikut Jejak Mercedes

Bahlil mengungkapkan ka­lau salah satu mobil listrik buatan Hyundai akan dipro­duksi di Indonesia pada bulan Mei 2022 mendatang. Namun saat itu belum pasti varian apa yang akan diproduksi di Indonesia.

Gambaran jelas telah dise­butkan pihak HMDI kalau IONIQ 5 akan diproduksi di Indonesia. Sebagai informa­si IONIQ 5 mempunyai desain mobil hatchback masa depan. Terlihat sangat futuristik di­bandingkan mobil listrik lain­nya.

Kabarnya mobil ini akan ditawarkan dengan dua ka­pasitas baterai yaitu kapasitas 58 kWh, dan kapasitas 72,6 kWh. Keduanya juga ditawar­kan dalam dua pilihan peng­gerak roda, two-wheel drive dan all wheel drive. Tenaga yang dihasilkan maksimal mulai dari 232 dk sampai 302 dk dengan torsi puncak men­capai 605 Nm.

Baca Juga  Hyundai City Store Kini Hadir di AEON Mall Sentul

Kehadiran Hyundai IONIQ 5 sudah diprediksi, terbukti pihak HMID gencar membe­rikan edukasi terkait platform yang digunakan, E-GMP. Ke­mudian, baterai yang akan diproduksi di pabrik Hyundai dan LG pun untuk platform tersebut. Kita tunggu saja. (feb/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.