Nasabah KSB Ancam Demo Lebih Besar Bila Empat Tuntutan Tidak Dipenuhi

by -

METROPOLITAN.id – Ratusan nasabah Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) mengancam akan melakukan aksi demonstrasi lebih besar apabila empat tuntutan yang disampaikan para nasabah tidak dipenuhi dalam waktu dekat ini.

 

Ancaman itu disampaikan salah satu anggota pewakilan nasabah, Irwansyah usai mengikuti mediasi di dalam kantor KSB pada Kamis (20/1).

 

“Jika tuntutan kami belum dipenuhi, kami akan lakukan demo lebih besar ke pemerintah,” kata pria asal Jakarta itu kepada wartawan.

 

Adapun keempat tuntutan yang disampaikan pihaknya, yakni yang pertama kembalikan uang anggota nasabah. Karena, tuntutan utama itu tidak pernah teralisasi hingga saat ini.

 

Kedua, segera lakukan audit investigasi melalui akuntan publik independen yang ditunjuk dan di awasi perwakilan anggota.

Baca Juga  WSBK di Sirkuit Mandalika Jadi Ajang Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi

 

“Bukan ditunjuk oleh pemerintah, tidak ada urusannya peran pemerintah,” ucap Irwansyah.

 

Ketiga, dilanjutkannya, libatkan perwakilan nasbah dalam anggota Satgas yang dibentuk

KemenkopUMKM dan menolak keberadaan Yudibisana dalam anggota Satgas yang selama ini telah menjerumuskan nasabah KSB hingga terjaring seeta terperangkap di kasus PKPU.

 

Terakhir, ditambahkan dia, penegak hukum segera bekerjasama dengan PPATK untuk ungkap aliran dana sebesar Rp8,6 triliun yang dimiliki 54 ribu nasabah sesuai hasil PKPU.

 

“Itu tuntutan kami. Tuntutan ini datang dari semua nasabah, ada perwakilan dari daerah Tegal, Cirebon, Semarang, Bandung dan Jabodetabek. Semuanya senasib,” tandasnya.

 

Sebelumnya, ratusan nasabah Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) menggelar aksi unjuk di kantor KSB yang ada di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Kamis (20/1).

Baca Juga  Resmi Berubah Status, Perumda Jasa Transportasi Pakuan Kota Bogor Bisa Punya SPBU

 

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk permintaan dikembalikannya hak, dalam hal ini simpanan mereka yang selama ini telah dipercayakan ke KSB.

 

Adapun aksi unjukrasa dilakukan di Jalan Lodaya, Kecamatan Bogor Tengah. Para nasabah tidak diizinkan aparat kepolisian menggelar aksi unjukrasa di depan kantor KSB lantaran berada di jalan padat lalulintas.

 

Dalam orasinya, para nasabah yang kompak berseragam putih itu meminta untuk dipertemukan dengan pengurus dan pengawas KSB.

 

Mereka ingin menagih janji para pengurus dan pengawas KSB untuk mengembalikan simpanan yang telah dipercayakan selama ini.

 

“Kembalikan uang saya, anak saya lapar, mana uang kami, pak Iwan mohon pak Iwan,” teriak seorang ibu yang berada di dalam barisan unjukrasa. (rez) 

Baca Juga  Diduga Terpeleset, Kakek Juddy Ditemukan Tewas Telungkup di Rel Ganda Bogor-Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published.