Omicron Masuk Bogor, Pengawasan Diperketat

by -

METROPOLITAN.id – Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Kabupaten Bogor usai satu warga Dramaga terkonfirmasi positif. Pengawasan protokol kesehatan akan diperketat untuk mengantisipasi menyebarnya Omicron.

Danrem 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, kasus Covid19 varian Omicron di Kabupaten Bogor menjadi alasan pihaknya untuk memperketat pengawasan terkait protokol kesehatan.

Saat mendapat informasi soal warga Kabupaten Bogor terkonfirmasi positif Omicron, pihaknya langsung melakukan penelusuran kontak erat atau tracing.

“Saat terkonfirmasi positif, kami langsung lakukan tracing kepada 10 orang yang kontak erat dengan yang bersangkutan. Alhamdulilah tidak ada yang positif ya, selain satu orang itu,” kata Achmad Fauzi usai meninjau vaksinasi anak di SDIT Al-Madinah, Selasa (11/1).

Baca Juga  PDAM Tirta Pakuan Cek Jaringan Pipa Distribusi

Saat ini, satu orang yang terpapar Covid-19 varian Omicron menjalani isolasi di Puskesmas Darmaga. Kondisinya pun disebut sudah semakin membaik.

“Kami bekerjasama bersama Polri juga Pemkab Bogor fokus mengawasi agar hal ini tidak menyebar. Dari hasil pengawasan kami, orang tersebut kondisinya sudah semakin membaik,” ungkapnya.

Sebelumnya, seorang warga Kabupaten Bogor terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

“Ya ada satu orang di Dramaga yang terpapar Omicron. Terkonfirmasi tanggal 6 Januari kemarin,” kata Mike.

Menurutnya, warga yang terpapar Omicron tersebut berasal dari Kecamatan Dramaga.

Warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 Omicron itu diduga terpapar saat menggunakan transportasi umum menuju Jakarta.

Dugaan tersebut muncul karena warga tersebut memiliki rekam jejak menjalani perjalanan lokal menuju Jakarta menggunakan transportasi umum.

Baca Juga  Krl Citayam-Parungpanjang Belum Pasti

“Jadi itu terpapar saat perjalanan ke Jakarta menggunakan transportasi umum,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, usai meninjau vaksinasi anak di SDIT Al-Madinah, Selasa (11/1).

Mike juga menduga kasus positif Omicron ini merupakan transmisi lokal. Sebab, warga tersebut bukan termasuk yang aktif pulang-pergi Jakarta, hanya sesekali.

“Mungkin dia transimisi lokal ya. Karena yang bersangkutan bukan orang yang aktif pulang pergi Jakarta,” tandasnya. (far/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.