Pemkab Bogor Kekurangan Pegawai, Ade Yasin Minta Kuota CPNS Ditambah

by -

METROPOLITAN – Setiap tahun jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor terus berkurang. Di antaranya seperti yang bertugas di dinas, kecamatan dan kelurahan. Teranyar, jumlah guru yang berstatus ASN pun kian berkurang.

Menyikapi persoalan ter­sebut, Bupati Bogor, Ade Yasin, meminta agar menam­bah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabu­paten Bogor. Apalagi saat ini hanya ada 15.600 ASN di Kabupaten Bogor yang harus melayani sekitar 5,5 juta pen­duduk.

“Idealnya, seorang PNS itu melayani 2.000 orang. Tapi di kita masih sangat kurang. Selain jumlah penduduk, kendala lainnya adalah luas wilayah yang begitu besar,” katanya.

Salah satu cara agar pe­layanan tetap maksimal di tengah keterbatasan, tambah Ade Yasin, Pemkab Bogor kini tidak akan menunjuk seorang pejabat untuk men­duduki posisi yang tidak di­kuasai atau tidak sesuai latar belakang pendidikannya.

Baca Juga  Pemerintah Buru Tenaga Pendidik

“Ke depan agar tidak tambah membebani pekerjaan, saya sudah arahkan agar menem­patkan ASN sesuai latar bela­kang pendidikan dan tempat kerja mereka harus dekat dengan rumah,” paparnya.

Sementara itu, untuk te­naga pendidik ASN di Kabu­paten Bogor mencapai sekitar 7.000 orang yang harus menga­jar di 1.539 SDN dan 110 SMP.

“Dari jumlah guru itu sudah banyak yang memasuki ma­sa pensiun. Makanya kita dibantu dengan guru PPPK,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah.

Sejak 2019 hingga 2021 Pem­kab Bogor telah merekrut 2.431 PPPK. Di mana pada 2019 ada 1.112 orang yang diangkat menjadi guru PPPK, lalu pada 2021 ada 1.319 orang. Dengan angka tersebut, Ju­anda berharap dapat menutu­pi kekurangan guru yang ada.

Baca Juga  Siap-Siap Pendaftaran CPNS Bogor Segera Dibuka, Segini Formasi Untuk Guru

“Kalau ngomong ideal ya memang belum ideal. Tapi kita ingin menutupi kebutu­han yang ada dengan guru PPPK. Selain guru PPPK, kita juga masih ada guru ho­norer lainnya,” ungkapnya. (mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.