Pemkab Bogor Punya Perbup Angkutan Barang, Truk Tambang Nakal bakal Ditilang

by -

METROPOLITAN – Pe­merintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor rupanya mulai serius mengatasi persoalan truk tambang yang kerap menjadi biang permasalahan di beberapa wi­layah.

Bahkan, Bupati Bogor, Ade Yasin, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor menyosialisasikan secara masif Peraturan Bupati (Perbup) tentang pembatasan waktu operasional truk tambang. Sehingga permasalahan yang banyak merugikan masyara­kat itu cepat selesai. “Se­gera mungkin lakukan so­sialisasi bersama asosiasi dan perusahaan agar Perbup ini bisa langsung dilaksana­kan,” katanya.­

Menurutnya, aturan menge­nai pembatasan jam opera­sional angkutan barang khusus tambang itu tidak hanya berlaku di wilayah barat dan utara yang banyak terdapat lokasi per­tambangan, melainkan di seluruh wilayah. Ade Yasin juga meminta jajaran Mus­pika di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor tidak ragu menindak truk tambang yang melintas di luar jam opera­sional yang sudah ditentukan, yakni pukul 20:00 hingga 05:00 WIB.

Baca Juga  Haduh... Sopir Truk Tambang Berulah Di Rumpin

Perbup Nomor 120 Tahun 2021 tentang pembatasan waktu operasional kendar­aan angkutan barang khu­sus tambang pada ruas jalan di wilayah Kabupaten Bogor berlaku efektif mulai 1 Ja­nuari 2022, meski peraturan­nya telah ia tetapkan pada 29 Desember 2021. “Waktu operasional kendaraan ang­kutan barang khusus tambang pada pukul 20:00 WIB sam­pai 05:00 WIB,” katanya.

Ade Yasin menambahkan, pembatasan waktu opera­sional tersebut berlaku bagi semua kendaraan angkutan barang khusus pertambangan, seperti tanah, pasir, batu atau gamping atau batu kapur.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanud­din, mengaku siap menindak tegas sopir truk yang melang­gar. Namun sambil Pemkab Bogor melakukan sosiali­sasi, pihaknya akan memu­tar truk-truk yang melanggar. “Ketika sudah disosialisasi­kan baru kita tindak dengan penilangan, sekarang masih disosialisasikan perbupnya,” paparnya. (mam/eka/py)

Baca Juga  Sepakati Perbup 120 tapi Tolak Kantong Parkir Truk Tambang

Leave a Reply

Your email address will not be published.