Pemkab Coret Cigudeg dari Daftar Calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

by -

Belum pasti kapan akan mekar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) justru tengah disibukkan dengan perubahan lokasi calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat.

NAMA Cigudeg yang sebe­lumnya ditetapkan sebagai lokasi ibu kota kini harus diganti. Alasannya, wilayah ini dinilai sebagai wilayah rentan akan terjadinya ben­cana alam merujuk surat gubernur Jawa Barat dan Badan Geologi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanu­din, membenarkan hal ter­sebut. Ia mengatakan, ada dua opsi lain yang akan men­jadi calon Ibu Kota Kabupa­ten Bogor yakni Leuwiliang dan Kecamatan Rumpin.

”Karena kondisi lahan di Ci­gudeg secara teknis dan ka­jian rawan bencana alam, kita bersama konsultan dan akademisi melakukan kajian lagi. Opsi calon Ibu Kota Ka­bupaten Bogor Barat antara Leuwiliang dengan Rumpin,” kata Burhan, Kamis (20/1).

Baca Juga  Jaring 28 Pelanggar, Kapolsek Cigudeg Sasar Tempat Keramaian

Burhan membeberkan, Leu­wiliang relatif mempunyai keunggulan menjadi calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat. Sebab, di kecamatan itu tersedia lahan seluas 15 hektare. Sementara Rumpin, wilayah ini memiliki lokasi yang strategis, di mana Rum­pin berdekatan dengan ka­wasan Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan. ”Namun, penilaian tersebut belum final. Masih dalam kajian,” tegas Burhan.

Sebelumnya, wacana Rumpin sebagai calon Ibu Kota Ka­bupaten Bogor Barat sempat disebutkan Bupati Bogor Ade Yasin. Usulan itu muncul karena Cigudeg dinilai seba­gai daerah dengan kontur tanah yang labil dan rawan bencana. ”Usulan itu karena tanah di Cigudeg dinilai labil, mungkin (opsi lain, red) di Rumpin. Tapi itu harus di­kaji,” kata Ade Yasin.

Baca Juga  Hindari Gundukan Pasir, Angkot Cigudeg Terbalik

Bahkan, Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bogor mela­kukan kajian untuk penen­tuan calon Ibu Kota Bogor Barat. Kajian tersebut dila­kukan di Kecamatan Rumpin bagian selatan.

Saat melakukan kajian, tim dari Pemkab Bogor didampingi beberapa kepala desa (kades). Di antaranya kades Cibodas, kades Gobang, kades Cidokom dan kades Leuwibatu.

Sekretaris Kecamatan Rumpin, Suparman, menambahkan, wilayah selatan Kecamatan Rumpin sudah dilakukan pengkajian untuk calon Ibu Kota Bogor Barat. Sebab, ada beberapa lahan yang sangat strategis di selatan Kecamatan Rumpin. “Tim kajian dari se­kretaris daerah sudah turun, termasuk dinas lainnya. Namun, ada dua desa yang sudah masuk kajian. Di an­taranya Desa Cibodas dan Leuwibatu,” terang Suparman.

Baca Juga  Disdik Galang Koin untuk Sekolah

Menanggapi hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Daen Nuhdiana, me­nyambut baik penentuan calon Ibu Kota Bogor Barat yang sudah tahap kajian. Terlebih di selatan Kecama­tan Rumpin sangat strategis untuk calon Ibu Kota Bogor Barat. “Tim kajian sudah cek lokasi. Saat ini ada dua lo­kasi yang sudah dikaji. Di antaranya Desa Leuwibatu dan Cibodas,” pungkas Daen. (mam/py)

One thought on “Pemkab Coret Cigudeg dari Daftar Calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat

  1. Yg cocok untuk pengganti cigudeg adalah tentunya lw liang karena ada di titik tengah dan dapat diakses lebih mudah oleh kecamatan lainnya dibandingkan dg rumpin.kalau di rumpin,dekat dg bsd aja, strages buat bsd,tapi tidak dg yg lainnya misalnya jadinga dan yg lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.