Pemuda Citeureup Sukses Jadi Pengusaha Ikan di Ternate

by -
METROPOLITAN.id – Kondisi pandemi Covid-19 memang mematikan sebagian usaha masyarakat. Namun kisah pemuda asal Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Rachmad Nurdiansyah bisa jadi inspirasi untuk tetap bangkit mencoba peluang yang ada. Seperti peluang memanfaatkan sumber daya laut.
Hal itu juga yang dilakukan Rachmad sejak tiga tahun terakhir. Awal 2019, lulusan SMA Negeri 1 Cibinong ini menginjakkan kaki di Kota Ternate, Maluku Utara. Saat itu, ia bekerja sebagai admin keuangan. Kariernya langsung melejit menjadi General Manager (GM) di salah satu perusahaan pengolahan ikan tuna loin di Ternate, akhir November 2019. “Berbekal keberanian dan ketekunan, saya dipercaya jadi GM,” kata Rachmad kepada Metropolitan.id.
Saat pandemi Covid-19, lanjut dia, seluruh aktivitas di  Pelabuhan Perikanan Nusantara Bastiong Ternate pun ikut terhenti. Namun dirinya tidak patah semangat dan tetap mencari kesempatan. Akhirnya pada April 2021, ia mendirikan perusahaan sendiri bernama CV Melejid Adiguna Darmawan (MAD).
Lewat perusahaannya itu, PT Nusantara Alam Bahari Jakarta memberikan kepercayaan untuk memenuhi kebutuhan 10.000 kilogram ikan tuna wholeround. “Dengan lika-liku usaha pengumpulan ikan dan kendala cuaca dia lahir tahun akhirnya CV MAD bisa juga memberangkatkan satu kontainer tuna ke Jakarta,” ujarnya.
Rachmad berharap, kisahnya dapat menginspirasi pemuda Bogor lainnya untuk berani berhijrah dan menjadi sukses. “Semoga menginspirasi, jangan takut gagal dan terus berusaha. Salam anak rantau,” pungkasnya. (els)

Baca Juga  Ramadan, Polisi Keliling Patroli PPKM, Tindak Pelanggar Prokes

Leave a Reply

Your email address will not be published.