Peresmian Yayasan Pundi Amal Sukaharja, Santuni 80 Yatim Piatu, Konsisten Bantu Warga Kurang Mampu

by -

Yayasan Pundi Amal Sukaharja (Yapas) di Kampung Pasirtengah, RT 06/03, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, memberikan santunan kepada 80 anak yatim, kemarin. Santunan ini diberikan sekaligus meresmikan Yapas.

DALAM acara yang dihadiri Muspika Cijeruk itu, penyera­han bantuan secara simbolis dilakukan Camat Cijeruk Bangun Septa Siswa didampingi Kepala Desa (Kades) Suka­harja Ujang Suhendra dan Pembina Yapas Dudi Imanu­din.

Awalnya, Dudi menerangkan, yayasan didirikan atas kepe­dulian warga satu RW kemu­dian berinisiatif membentuk yayasan menjadi satu desa setelah banyaknya permin­taan warga. Dua tahun ber­diri, yayasan terus eksis lewat pundi amal dalam memban­tu warga.

”Walaupun sudah ada sejak dua tahun lalu, baru kita res­mikan hari ini (kemarin, red) setelah mendapatkan akta notarisnya,” ujar Dudi kepada Metropolitan, kemarin.

Selama dua tahun, Yapas sudah memiliki dua unit am­bulans. Satu untuk membawa jenazah dan satu lagi mem­bawa orang sakit. ”Alhamdu­lillah, warga Desa Sukaharja banyak yang telah dibantu yayasan ini,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan yang telah dijalankan secara rutin antara lain membantu anak yatim piatu, penanggulangan Covid-19 dan pemberantasan sarang nyamuk melalui fog­ging. Namun cikal-bakal ada­nya Yapas, yaitu santunan anak yatim yang dilaksanakan ru­tin setiap bulannya.

”Dengan diresmikannya yayasan ini yang awalnya ha­nya meliputi satu RW, kini kita kembangkan menjadi satu desa atau lebih luas lagi jangkauan yang akan kita bantu. Terutama untuk peng­gunaan kendaraan ambulans. Siapa pun yang membutuhkan kita berikan gratis karena ini yayasan sosial untuk masy­arakat,” ujarnya.

Kades Sukaharja, Ujang Su­hendra, mengapresiasi war­ganya yang peduli sesama dan mandiri mendirikan yayasan sosial ini. Sehingga dapat membantu warga yang kurang mampu. Bahkan, keberadaan Yapas juga bisa membantu pemerintah desa dalam me­nangani masalah sosial. ”Dengan berdirinya yayasan ini, kita perlu apresiasi. Kita mendukung penuh yayasan ini. Semoga semakin banyak warga kurang mampu yang dibantu yayasan ini,” harapnya.

Lalu, Ketua PK KNPI Cijeruk, Dziky Sahrir, mengucapkan selamat atas peresmian Yapas. Adanya yayasan yang dikelo­la warga selama dua tahun ini patut dicontoh desa lainnya.

”Sangat membanggakan dan patut menjadi contoh. Ka­rena awalnya hanya satu RW, kini menjadi yayasan untuk satu desa. Bahkan saya dengar tadi bisa lebih luas lagi untuk kegunaan kendaraannya. Se­moga ke depan lebih maju dan dapat membantu lebih banyak warga kurang mampu,” katanya. (nto/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.