Petugas Gabungan Tegur Sopir Truk Tambang

by -

METROPOLITAN – Petugas gabungan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Satlantas Polsek Gunungsindur meng­gelar operasi penertiban truk tambang yang terparkir di bahu Jalan Raya Gunungsindur, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, kemarin.

Pantauan di lokasi, Satlantas Polsek Gunungsindur ber­sama Pol PP menyisir truk-truk tambang yang terparkir di pinggir jalan. Hal ini berkaitan dengan dikeluarkan Perbup Nomor 120 Tahun 2022 tentang Truk Angkutan Tambang.

Kepala Unit Pol PP Kecama­tan Gunungsindur, Rizky Wi­dyanto, mengatakan, Pol PP bekerja sama dengan Polsek Gunungsindur mengimbau truk-truk tambang di wilayah Kecamatan Gunungsindur yang terparkir arah Kecama­tan Rumpin yang masih ba­nyak parkir di pinggir jalan. ”Banyaknya truk tambang yang parkir di pinggir jalan dari Jembatan Leuwiranji hingga Gunungsindur meny­ebabkan kemacetan jalan,” kata Rizky.

Baca Juga  Pasca Jalan Diblokir Anggota Dewan, Dishub Sweeping Truk Tambang Nakal

Rizky menuturkan, truk ter­sebut banyak terparkir dari pagi hingga sore hari. Namun sesuai aturan Bupati Bogor Nomor 120 tentang jam ope­rasional truk tambang khus­usnya, aturan tersebut terhitung dari pukul 20:00 hingga pukul 05:00 WIB. ”Tapi dalam aturan tersebut tidak boleh truk tambang parkir di bahu jalan. Kami melakukan imbauan saja,” terangnya.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Gunungsindur, Iptu Rudi Hartono, menuturkan, operasi ini merupakan kerja sama dengan Pol PP Kecama­tan Gunungsindur untuk mengimbau agar truk-truk tambang tidak parkir di ping­gir jalan yang mengakibatkan kemacetan jalan. ”Dalam kegiatan ini kita hanya mengimbau pada truk-truk tambang. Sebab, aturan ter­sebut sudah ada sejak 2018,” terangnya.

Baca Juga  Ugal-ugalan, Truk Pengangkut Tambang di Bogor Terguling

Tak hanya itu, Rudi juga mengaku dalam aturan ang­kutan jalan, tidak boleh juga truk-truk terparkir di pinggir jalan. Ke depan, kalau ada truk-truk yang masih parkir, pihaknya akan menindaknya sesuai hukum yang berlaku. (sir/mul/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.