Piaggio Kembangkan Airbag untuk Sepeda Motor

by -

METROPOLITAN – Airbag atau kantong udara dijagokan sebagai salah satu fitur ke­selamatan pada mobil. Fitur ini bahkan telah jadi standar wajib di beberapa negara untuk pabrikan mobil.

Airbag sebagai fitur kese­lamatan kemudian terus dikembangkan lebih jauh peruntukan dan tempatnya, dengan harapan dapat lebih banyak menyelamatkan nyawa manusia saat sedang berkendara.

Dalam beberapa tahun ini misalnya, selain pabrikan mobil, pembuat sepeda mo­tor dari berbagai negara juga sedang mencari cara untuk menerapkan fitur ter­sebut di tunggangan mereka. Sepeda motor sendiri dike­tahui menjadi salah satu penyumbang angka kema­tian terbesar akibat kecelaka­an di jalan raya khususnya negara-negara berkembang dengan mobilitas penduduk yang tinggi.

Baca Juga  Buka Diler ke-38, Piaggio Indonesia Lebarkan Sayap

Berdasar itu, Autoliv, salah satu perusahaan yang fokus dalam sistem keselamatan otomotif dunia bersama Piag­gio Group, tengah berkola­borasi untuk mengembang­kan sebuah airbag bagi ken­daraan roda dua.

Sebuah perjanjian peng­embangan bersama ditan­datangani oleh kedua belah pihak dengan tujuan mengembangkan airbag un­tuk memberikan perlindun­gan yang lebih baik bagi pengendara kendaraan roda dua dan meningkatkan ke­nyamanan berkendara.

Airbag akan dipasangkan pada rangka kendaraan dan akan mengembang dalam hitungan milidetik. Popula­ritas kendaraan roda dua bertenaga besar terus me­ningkat, hal tersebut didorong urbanisasi yang meluas dan kepadatan perkotaan serta kepraktisan dan kemudahan penggunaan kendaraan roda dua.

Skuter dan sepeda motor saat ini dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih, seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation). Penambahan fitur Airbag akan menjadi langkah yang luar biasa.

Baca Juga  Maksimalkan Potensi, Buka Diler Baru Pertumbuhan

“Autoliv berkomitmen pada visi kami untuk Meny­elamatkan lebih banyak jiwa dan menyediakan solusi keselamatan jiwa kelas dunia untuk mobilitas dan masy­arakat. Oleh karena itu, kami mengembangkan pro­duk yang secara khusus me­lindungi pengguna jalan yang rentan,” kata CEO dan Pre­siden Autoliv Mikael Bratt.

Autoliv sendiri telah mengembangkan konsep awal dengan alat simulasi canggih dan melakukan uji tabrakan skala penuh. Au­toliv bekerja dengan Piaggio Group untuk mengembang­kan produknya secara lebih lanjut dan potensi untuk mengomersialkan konsep tersebut. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *