Program Pemdes Parigimekar Ciseeng Tahun 2022, Vaksinasi Anak Sekolah dan Pembangunan Drainase Jadi Prioritas

by -

Desa Parigimekar di Kecamatan Ciseeng jadi salah satu desa yang memiliki potensi perikanan terbesar di Kabupaten Bogor. Tidak heran Pemerintah Desa (Pemdes) Parigimekar terus membangun sektor infrastruktur jalan.

SELAIN peningkatan akses jalan, Pemdes Parigimekar akan membangun saluran drainase. Hal itu untuk mengai­ri kolam perikanan dan per­sawahan milik masyarakat.

“Selain membangun drai­nase, pada 2022 juga dengan sesuai program pemerintah. Meski dana desa kewenangan­nya desa, tapi tetap juklisnya dari pemerintah pusat,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Pa­rigimekar, Wahyuni.

Ia menuturkan, untuk 2020 tetap menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan penanggulangan Covid-19 dengan melakukan vaksi­nasi, terutama bagi anak-anak sekolah.

“Selain BLT dan vaksinasi, kita juga sebagian ada pembangunan. Salah satunya yang saya sebutkan pembangu­nan drainase,” terang ibu empat anak itu.

Baca Juga  Budidaya Ikan Jadi Sumber Pendapatan Masyarakat

Wahyuni menambahkan, selain pembangunan drai­nase, ada juga pembangunan usulan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dengan pengaspalan di RW 03 dengan anggaran Rp1 miliar di satu titik.

“Karena akses jalan tersebut sudah rusak, kita akan man­faatkan anggaran Samisade. Tujuannya, agar perekono­mian masyarakat meningkat serta memulihkan ekonomi,” terang Wahyuni.

Ia menerangkan, pembangu­nan pakai anggaran Samisa­de sudah direalisasikan di dua lokasi. Di antaranya di RW 01 dan 02, yakni proyek pengas­palan. Ini sesuai kebutuhan masyarakat agar lebih mudah melakukan aktivitas.

“Kalau akses jalan bagus dan beraspal, transportasi juga akan lebih mudah untuk mengakses perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.