RAPI Jadi Bagian Penting Tangani Pandemi hingga Bencana

by -

METROPOLITAN.id – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dinilai menjadi bagian penting pemerintah dan masyarakat, khususnya di bidang informasi dan sosial. Bahkan, RAPI berperan aktif memberikan dukungan komunikasi dalam penanganan pandemi hingga saat terjadi bencana.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomimfo) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) XI RAPI Wilayah 05 Kabupaten Bogor Tahun 2022, di Komplek Tirta PPKM Ciawi-Bogor, Sabtu (8/1).

Mewakili Bupati Bogor, Kepala Diskominfo Irwan Purnawan mengatakan, RAPI adalah organisasi penyelenggara komunikasi yang diakui dan disahkan Pemerintah.

Sejak pertama berdiri pada tahun 1980 hingga sekarang, RAPI merupakan mitra pemerintah yang telah banyak memberi kontribusi nyata kepada masyarakat dan pemerintah sesuai dengan bidangnya.

Baca Juga  Undang Ulama se-Kabupaten Bogor, Dihadiahi Doa dan Dukungan

Menurutnya, RAPI bukan sekadar organisasi wadah bagi penggemar komunikasi RAPI semata. Lebih dari itu, RAPI merupakan elemen penting dalam mendukung kerja-kerja pemerintah di bidang sosial. Terlebih di era kemajuan teknologi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Oleh karenanya RAPI diharapkan bisa memberikan informasi yang valid dan terbaru yang bisa diintegrasikan melalui media-media yang dimiliki Pemkab Bogor saat ini,” ujar Irwan

Irwan juga mengaku peran RAPI tak bisa dipungkiri dalam penanganan pandemi Covid-19. Mereka berperan aktif memberikan dukungan komunikasi dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi, mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi, maupun bencana alam yang terjadi seperti longsor, banjir dan lainnya.

Baca Juga  Tuntaskan Pekerjaan

“Dengan adanya dukungan dan bantuan komunikasi dari RAPI, maka upaya memberikan informasi tentang terjadinya bencana dapat dilakukan secara lebih cepat dan efektif,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai mitra pemerintah, RAPI diharapkan dapat terus mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Khususnya, dalam bidang komunikasi untuk mengoptimalkan keterbukaan informasi publik dan ikut peduli dalam penyampaian informasi terkait Covid-19.

Peran aktif RAPI diharapkan bisa membantu Pemerintah dalam membantu penanganan Covid-19.

“Selamat atas terselenggaranya Muswil XI RAPI wilayah 05 Kabupaten Bogor tahun 2022. Semoga dapat menghasilkan berbagai ide, gagasan dan program kerja yang berkualitas untuk kemajuan organisasi RAPI di Kabupaten Bogor,” harap Irwan.

Sementara itu, Ketua RAPI wilayah 05 Kabupaten Bogor terpilih periode 2022-2026, Fahmi Saher Rangkuti JZ 10 FLY mengatakan, RAPI akan senantiasa membantu Pemkab Bogor dengan penuh semangat sesuai tekad RAPI.

Baca Juga  HMI Kota Bogor Kecam Tagar #bubarkanMUI

Keberadaan RAPI diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Pemkab Bogor maupun masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kami akan terus menjaga sinergitas dan hubungan baik antar lembaga, Pemkab Bogor, dan organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Bogor. Saling mendukung bahu-membahu dalam kemajuan dan pembangunan Kabupaten Bogor,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.