Sky Bridge Stasiun Bogor-Paledang Siap Ditender

by -

Kawasan Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, bakal kembali tersentuh pembangunan. Rencananya sebuah jembatan layang atau sky bridge akan di­bangun dengan panjang 210 meter. Sky bridge tersebut akan menghubungkan Stasiun Bogor dengan Stasiun Paledang yang akan dijadikan stasiun pember­hentian kereta rel ganda atau double track Bogor-Sukabumi.

SECARA teknis, saat ini pe­rencanaan Detail Engineering Design (DED) tengah dibuat dan disebut sudah tahap fi­nalisasi desain. Sehingga di­harapkan proses tender pembangunan bisa dilakukan bulan ini atau Februari 2022. Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Teknik Perkere­taapin Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri.

“Mudah-mudahan proses pembangunan sky bridge berjalan lancar. Targetnya, sky bridge masuk proses lelang konstruksi pada Januari atau Februari 2022,” katanya ke­pada awak media, Senin (17/1).

Baca Juga  Bulan Depan Sky Bridge Bojonggede Dibangun, Dishub mulai Bebaskan lahan

Dalam perencanaan, sam­bung Erni, jembatan peng­hubung Stasiun Bogor-Stasi­un Paledang ini akan dibangun sepanjang 201 meter dengan lebar antara 3 sampai 5 meter. Dalam rencana ini juga tidak memerlukan pembebasan lahan dan hanya akan me­manfaatkan lahan milik PT KAI.

Tak hanya membangun fisik sky bridge, ia mengakui ren­cana ini bakal berdampak pada penataan wilayah di sekitar kawasan yang kini menjadi perlintasan kereta antara Stasiun Bogor-Stasiun Paledang.

Selain gedung Taman Topi Square, tambah Erni, bangu­nan eks mal Matahari di Jalan Kapten Muslihat pun akan diperbaiki. Sebab, gedung tersebut termasuk area kawa­san Transit Oriented Deve­lopment (TOD).

“Mal Matahari masuk area kawasan Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang yang merupakan satu kesa­tuan yang secara bertahap akan dikembangkan integri­tasnya dan konektivitasnya,” tuturnya.

Baca Juga  Bulan Depan Sky Bridge Bojonggede Dibangun, Dishub mulai Bebaskan lahan

Sejalan dengan pekerjaan rel ganda atau double track Bogor-Sukabumi, menurut Erni, pemerintah juga akan membangun jembatan layang atau sky bridge yang meng­hubungkan antara Stasiun Bogor dengan Stasiun Paledang yang sebelumnya digunakan sebagai stasiun terakhir ke­reta menuju Sukabumi.

Direktur Prasarana Perke­retaapian pada Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaa­pian Kementerian Perhu­bungan (Kemenhub), Harno Trimadi, mengungkapkan, rencana pembangunan sky bridge akan ditenderkan pada 2022.

“Kalau Stasiun Bogor, hara­pan kita tahun ini sudah di­lelang untuk menghubungkan Stasiun Bogor dengan Pale­dang,” katanya saat ditemui Metropolitan, belum lama ini. Hingga saat ini, sambung dia, pihaknya bersama arsitektur lokal tengah membahas desain dari sky bridge yang akan di­bangun.

Selain itu, ia juga sempat menerima permintaan agar desain perencanaan sky brid­ge Stasiun Bogor-Stasiun Pa­ledang harus ramah ling­kungan. “Kita sedang bahas dan bekerja sama dengan arsitek supaya desain sky bridge-nya ada corak Bogor-nya,” imbuh Harno. (ryn/py)

Baca Juga  Bulan Depan Sky Bridge Bojonggede Dibangun, Dishub mulai Bebaskan lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.