Skybridge Rp16 Miliar di Bojonggede Diklaim Bakal Kurangi Kemacetan Signifikan

by -

METROPOLITAN.id – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengklaim skybridge atau jembatan layang yang bakal dibangun di Stasiun Bojonggede mampu mengurangi kemacetan signifikan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Sarana dan Prasarana BPTJ, Jumandi, usai rapat koordinasi rencana pembangunan Skybridge Bojonggede bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di Ruang Serbaguna 1 Setda, Cibinong, Kamis (6/1).

Terlebih, jika skybridge sudah jadi nanti ditambah dengan rekayasa lalu lintas di sekitar Stasiun Bojonggede.

“Kalau kita lihat data survey, lebih dari 75 persen di situ kebanyakan yang naik motor. Sehingga kalau bisa dilakukan rekayasa lalu lintas masuk dulu ke terminal, baru ke stasiun. Ini juga mengurangi kemacetan cukup siginifikan ketika satu arah,” ujar Jumandi.

Baca Juga  Lima Warga Cijeruk Jadi Korban Mafia Tanah, Kades Palasari Ungkap Fakta di Pengadilan

Menurutnya, anggaran yang nantinya akan dikucurkan untuk pembangunan skybridge ini sekitar Rp16 miliar.

“DED-nya (Detail Engineering Design) sudah ada. Jadi di stasiun kita bikin hall dengan lebar skybridge 3 meter yang nantinya terintergrasi dengan park and ride yang rencananya dibangun swasta,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama BPTJ bakal membangun skybridge atau jembatan layang di Stasiun Bojonggede.

Nantinya, skybridge ini terbentang dari Stasiun Bojonggede ke Terminal Bojonggede. Sehingga, penumpang kereta yang hendak keluar atau masuk stasiun bisa langsung melewati skybridge dari terminal.

Rencananya, pembangunan skybridge ini bakal dilelang Maret mendatang. Anggarannya sendiri full berasal dari BPTJ.

“Insyaallah di tahun 2022 ini bakal dibangun skybridge di Bojonggede. Untuk mengatur naik turun penumpang,” ujar Ade Yasin

Baca Juga  3 Anak di Bogor Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut, Plt Bupati Minta Edukasi Digencarkan

Ade Yasin meyakini pembangunan skybridge ini dapat menjadi solusi kemacetan di sekitar Stasiun Bojonggede. Sebab tak dipungkiri, kawasan tersebut memang menjadi langganan macet setiap harinya.

Dengan dibangunnya skybridge, diharapkan tak ada lagi angkutan yang berhenti di sisi jalan. Semua akan berkumpul di satu titik yaitu di Terminal Bojonggede.

“Itu ditarget selesai tahun itu juga. Maret nanti sudah lelang di BPTJ,” tandasnya. (far/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *