SMAN 4 Kota Bogor Sabet Penghargaan Adiwiyata Nasional

by -

METROPOLITAN – SMA Negeri 4 Kota Bogor di Jalan Dreded, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, berhasil meraih penghar­gaan sebagai Sekolah Adi­wiyata tingkat nasional.

Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Ke­hutanan (LHK) dan Men­teri Pendidikan, Kebudaya­an, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) itu dise­rahkan secara simbolis oleh Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi sang istri, Yane Ardian, Senin (24/1).

Bima Arya mengaku sang­at mengapresiasi prestasi yang diraih SMAN 4 Kota Bogor dari pemerintah pusat. Untuk itu, para guru, siswa dan warga SMAN 4 Kota Bo­gor diharapkan semakin peduli pada lingkungan, ke­bersihan dan kesehatan. Semakin bersih lingkungan­nya, maka semakin sehat juga siswanya, semakin maju prestasinya dan siswa­nya bisa diterima di univer­sitas yang dituju.

Baca Juga  SDN Lawanggintung 2 Pertahankan Adiwiyata

Selain apresiasi, Bima Arya juga menitipkan pesan ke­pada semuanya untuk tetap hati-hati dan patuh pada protokol kesehatan, meng­ingat kondisi saat ini belum aman.

”Bahkan, ada sedikit kenai­kan kasus Covid-19. Tapi semoga bisa terkendali. Jangan lupa selalu meng­gunakan masker dan jangan dilepas. Teruslah berpresta­si mengharumkan SMAN 4 dan Kota Bogor. Setiap lang­kah yang kalian ambil me­nentukan masa depan kalian. Masa depan itu disiapkan bukan dinantikan, dijemput bukan ditunggu. Masa depan hanya dimiliki orang-orang yang menyiapkannya dari sekarang,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau dan mengajak para siswa menjaga fasilitas umum dan fasilitas sosial di Kota Bogor.

Sementara itu, alumni SMAN 4 Kota Bogor 1997 yang juga istri wali kota, Yane Ardian, menyampaikan bahwa hasil penelitian tesisnya yang dila­kukan beberapa tahun lalu terkait ketangguhan anak remaja di Kota Bogor.

Baca Juga  Benahi Sekolah Agar Siswa Betah

“Harusnya hasil penelitian ini saya sampaikan pada 2019. Tapi karena pandemi dan lainnya, jadi baru sekarang saya bisa sampaikan. Pene­litian ini maksudnya untuk mengukur ketangguhan anak remaja di Kota Bogor. Saya melihat dari sisi interaksi komunikasi antarorang tua­nya, antara orang tua dengan anaknya dan interaksi se­sama teman. SMAN 4 Kota Bogor menjadi salah satu lokus penelitian di samping SMA sederajat lainnya, di mana memiliki dimensi per­sahabatan yang baik sekali,” papar Yane.

Kepada para siswa SMAN 4 Kota Bogor khususnya dan remaja Kota Bogor umumnya, Yane menambahkan, walau ada persoalan di keluarga, ketangguhan anak remaja di Kota Bogor tetap harus ter­jaga karena memiliki pergau­lan dan teman-teman yang baik.

Baca Juga  Sukseskan Program Sekolah Adiwiyata

“Karena itu penting bagi anak remaja pandai memilih teman. Sebab, itu dapat me­mengaruhi masa depan. Teman yang baik dapat men­dukung dalam meraih cita-cita. Sementara teman yang tidak baik akan memperlam­bat, bahkan tidak memban­tu dalam meraih cita-cita,” tegas Yane.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Kota Bogor, Emi Rosmiami, mengungkapkan, ke depan SMAN 4 Kota Bogor akan terus berkomunikasi dan berusaha dengan pihak ter­kait, mulai dari aparatur wilayah dan dinas terkait, untuk meraih penghargaan Adiwiyata yang lebih tinggi lagi, yaitu Adiwiyata Man­diri. (*/ryn/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.