Soal Pembangunan Jalan Bomang, DPRD: Memang Harus Ada Perhatian dari Pusat

by -
Pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) hingga kini terus berlanjut tanpa dibantu oleh pemerintah pusat.

METROPOLITAN.id – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang meminta bantuan pemerintah pusat untuk mengambil alih pembangunan jalan dan pembangunan flyover di Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) mendapatkan dukungan dari DPRD Kabupaten Bogor.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengaku sepakat dengan langkah yang diambil oleh Pemkab Bogor agar pembangunan jalan Bomang diambil alih pemerintah pusat. Sehingga jalan tersebut nantinya menjadi jalan nasional.

“Harus ada perhatian dari pusat. Karena jalan itu harus terealisasi dan selesai agar perekonomian masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar jalan itu, bisa terangkat,” kata Rudy.

Menurutnya, pengalihan pembangunan Jalan Bomang tak lain karena masalah anggaran. Jika hanya mengandalkan APBD, dia menilai hal tersebut akan sangat berat terealisasi, terlebih Pemda sedang berjuang memulihkan ekonomi.

Baca Juga  Pemborong Jalan Banjarwaru Disemprot UPT

“Intinya kalau mengandalkan APBD akan sangat berat. Kan di Bomang itu ada pembangunan jembatan dan lainnya, itu butuh anggaran yang tidak sedikit. Jadi sangat perlu bantuan dari pusat,” kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudian menjelaskan, flyover dibutuhkan agar Jalan Bomang dapat terhubung dengan Jalan Tegar Beriman atau pusat Pemkab Bogor.

Jalan Bomang dengan Jalan Tegar Beriman, kata dia, saat ini terpisah dengan jalur KRL Jabodetabek dan aliran sungai. Sehingga opsi pembangunan flyover menjadi menjadi jauh lebih baik dibanding membangun underpass.

“Ibu Bupati sudah bersurat dan meminta Kemenhub ikut memikirkan ini meski pada akhirnya pembangunan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, saya rasa kalau disampaikan ke Kemenhub masih masuk,” kata Burhan,

Baca Juga  Proyek Jalan Bomang Dipercepat

Lebih lanjut dia mengatakan jika Jalan Bomang-Tegar Beriman, pada akhirnya akan menghubungkan Jalan Raya Bogor-Parung dan Jalan Raya Bogor-Jakarta. Bahkan, menjadi semakin strategis karena akan ada Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) di wilayah Tajurhalang.

“Juga akan nyambung ke Tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Jadi akan memudahkan mengkoneksikan langsung Bogor dengan Banten dalam hal ini Ciputat, Tangerang Selatan,” ungkapnya. (mam)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.