Tahun Ini Beasiswa Pancakarsa Disiapkan untuk 400 Penerima

by -

METROPOLITAN – Program Beasiswa Pancakarsa kem­bali dilanjutkan. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor menyiapkan 400 beasiswa dari tahun sebelum­nya yang mencapai 1.200 penerima.

“Yang 1.200 penerima itu jalan terus sampai selesai kuliah. Tahun ini kuota di­tambah 400 orang lagi yang akan dibiayai Pemkab Bogor,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin, Selasa (25/1).

Bupati juga meminta pene­rima Beasiswa Pancakarsa serius dalam mengikuti pen­didikan. Saat lulus nanti, me­reka diharapkan bisa memi­liki daya saing global.

Tak hanya itu, pelajar Kabu­paten Bogor penerima bea­siswa ini diharapkan memi­liki kreasi, inovasi dan dapat berkiprah dalam pembangu­nan, khususnya Kabupaten Bogor.

“Semua pasti punya cita-cita dan mimpi. Itu semua dapat terwujud jika mereka tekun dalam menuntut ilmu. Kita hanya mendukung, orang tua juga mendukung,” ung­kapnya.

Baca Juga  Hadist Ngobrol Pancakarsa Bareng Sandiaga Uno

Program Beasiswa Panca­karsa ini disambut antusias pelajar. Pada 2021 saja, hing­ga April tercatat ada 9.054 pendaftar untuk program beasiswa S1. Sementara ku­ota yang diberikan hanya 1.200 pendaftar.

Sebanyak 1.200 penerima beasiswa itu berasal dari per­guruan tinggi sebanyak 425 orang dan perguruan tinggi swasta 641 orang. Sisanya 107 orang mengundurkan diri, dengan alasan telah mene­rima beasiswa dari sumber lain.

Anggaran yang digelontorkan untuk Beasiswa Pancakarsa pada 2021 mencapai Rp5,9 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2021 Kabupaten Bogor.

“Kita juga sudah kerja sama dengan 59 perguruan tinggi, baik negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang bukan ikatan dinas,” tandas Ade Ya­sin.(fin/eka/py)

Baca Juga  Institut Tazkia Dukung Pancakarsa Bupati Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.