Tiga Tahun Nunggak Pajak Rp50 Juta, Rumah Mewah di Kota Bogor Dipasang Plang Peringatan

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menindak tegas wajib pajak bandel yang menunggak kewajiban membayar pajak.

Tim operasi gabungan kembali memasang papan teguran di sejumlah rumah mewah di wilayah Kota Bogor.

Pemkot memasang papan pengawasan berbunyi ‘Pemilik Objek Pajak ini, Menunggak Pajak Daerah’. Papan peringatan dipasang di bagian pintu gerbang dan pagar rumah mewah.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Penagihan dan Pengendalian pada Bapenda Kota Bogor Anang Yusuf.

Ia mengatakan, pemasangan plang kepada penunggak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dilakukan sebagai upaya penagihan kepada wajib pajak yang tidak melunasi tagihan PBB-P2.

Baca Juga  Kartu Prakerja Dibuka Lagi, Kuotanya 800 Ribu Orang

“Pemasangan papan pengawasan di rumah wajib sudah dilakukan Senin lalu, 24 Januari 2022,” katanya, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan terhadap wajib pajak yang belum membayar PBB-P2 yang memiliki rata-rata piutang pajak bumi dan bangunan diatas 3 tahun dan nilai piutang diatas Rp50 juta.

“Sebelum pelaksanaan pemasangan papan pengawasan dilakukan, Bapenda Kota Bogor telah memberikan surat pemberitahuan kepada wajib pajak untuk segera menyelesaikan kewajiban membayar pajak sebanyak 3 kali. Setelah itu, dilayangkan surat peringatan terkait akan dipasang papan pengawasan pajak,” tegasnya.

Namun dengan batas waktu yang telah diberikan, ternyata wajib pajak tidak melaksanakannya.

Ia menjelaskan, beberapa lokasi pemasangan papan pengawasan PBB-P2 diantaranya di lokasi Kelurahan Cimahpar, Kelurahan Cibuluh, Kelurahan Ciparigi, Kelurahan Bantar Jati, Kelurahan Ranggamekar Kelurahan Tajur dan Kelurahan Balumbang Jaya.

Baca Juga  Kota Bogor Didapuk Jadi Tuan Rumah Rapimprov Kadin se-Jabar, Rajut Ekonomi Pasca Pandemi

“Untuk pemasangan papan pengawasan pajak dilaksanakan oleh Bapenda dengan didampingi Satpol PP Kota Bogor dan aparat wilayah serta kelurahan sehingga kondusif dan tak ada perlawanan,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.