Waduh! Ada Wacana Tarif KRL Naik

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Perhubungan (Kemen­hub) melalui Direktorat Jen­deral Perkeretaapian mene­gaskan bahwa hingga kini belum ada keputusan soal kenaikan tarif Kereta Rel Listrik (KRL). Penyesu­aian tarif tersebut ma­sih dalam pengkajian.

“Pemerintah ma­sih mengkaji ka­pan waktu yang tepat untuk penyesuaian ini mempertimbangkan si­tuasi yang ada. Saat ini, tarif KRL masih merujuk pada Peraturan Menteri Perhu­bungan No. 17/2018,” kata Juru Bicara Kementerian Perhu­bungan Adita Irawati dalam keterangannya, Kamis (13/1).

Adita mengungkapkan, sejauh ini memang ada wa­cana untuk menaikkan tarif KRL. Hal ini didasari bebe­rapa pertimbangan, antara lain pelayanan yang diberi­kan pemerintah dengan pemberian subsidi atau pun pembangunan parasarana dan sarana kereta api sudah semakin baik.

“Misalnya, berkurangnya waktu tempuh dan waktu antrian masuk ke Stasiun Manggarai yang sebelumnya memang cukup menghambat,” ujar Adita.

Pembangunan rel dwigan­da, revitaliasi Stasiun Jati­negara, Stasiun Cikarang, Stasiun Bekasi, dan sebagai­nya juga telah memberi ke­mudahan, keamanan dan kenyamanan kepada konsu­men KRL. Langkah-langkah perbaikan tersebut kian gen­car dilakukan sejak lima tahun terakhir.

“Operator juga melakukan peningkatan layanan yang tidak kalah bagus. Misalnya sistem ticketing, pelayanan di stasiun, dan juga di atas kereta,” tuturnya.

Selain itu, Adita menamba­hkan, ada yang juga perlu digarisbawahi. Sejak 2015, pemerintah belum pernah melakukan penyesuaian tarif KRL satu kali pun.

“Wajar jika kemudian mun­cul wacana untuk menaikkan tarif, setelah berbagai layanan kepada konsumen terus dit­ingkatkan,” ungkapnya. (feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *