Warga Sembilan Desa di Dramaga Masih BAB Sembarangan

by -

METROPOLITAN – Dari se­puluh desa di Kecamatan Dramaga, baru Desa Cikara­wang yang sudah deklarasi bebas ODF (Open Defecation Free) atau Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

Ketua Forum Komunikasi Desa Sehat Kecamatan, Lisna Wati, mengungkapkan, di Ke­camatan Dramaga masih di­temukan ada masyarakat yang masih BAB di sembarang tem­pat. Kondisi tersebut tentunya menjadi perhatian dan men­jadi prioritas dalam penanga­nannya. Untuk itu, penting dibentuk Forum Komunikasi Desa dan perilaku hidup ber­sih dan sehat dengan adanya program Sanitasi Total Berba­sis Masyarakat (STBM) sesuai amanat Permenkes Nomor 3 Tahun 2014.

”Dari sepuluh desa, hanya desa di Cikarawang yang sudah deklarasi ODF. Artinya, Desa Cikarawang yang sudah bebas ODF atau masyarakat yang buang air besar sembarangan atau di jamban,” ujarnya.

Baca Juga  Cari Bibit Atlet Bola, Jalin Silaturahim antarwarga

Ia menambahkan, alasan masyarakat masih buang air besar di sembarang tempat disebabkan tidak memiliki lahan untuk membuat septic tank. Saat ini se-Kabupaten Bogor yang bebas ODF baru 11,6 persen. ”Kita akan buat pokja di setiap desa. Nantinya mereka mendata dan men­cari solusi untuk mengatasi persoalan ODF, ” katanya.

Untuk mencapai Kabupaten Sehat, salah satu persyaratan­nya yaitu Kabupaten ODF. Untuk itu, diperlukan komit­men dan kebijakan yang tepat dari tingkat desa beserta peran serta masyarakat guna men­gubah perilaku atau kebia­saan masyarakat untuk me­ningkatkan derajat kesehatan masyarakat. ”Setiap individu diharapkan memiliki akses terhadap sarana sanitasi dasar untuk mewujudkan komuni­tas bebas buang air besar di sembarang tempat, ” tukasnya. (ads/c/els/py)

Baca Juga  Warga Dramaga Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published.