YPA-MDR Gelar Program Kampus Mengajar

by -

METROPOLITAN – Menga­wali 2022, PT Astra Interna­tional Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra–Michael D Ruslim atau YPA-MDR melaks­anakan Program Kampus Mengajar Kemitraan dengan sasaran sekolah-sekolah bi­naan di Kecamatan Takari dan Amarasi Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Program yang berkolabo­rasi dengan perguruan ting­gi ini merupakan implemen­tasi, pengembangan dan mendukung program besar pemerintah “Merdeka Belajar – Kampus Mengajar (MB-KM)” untuk mewujudkan peningkatan kualitas pen­didikan di daerah.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, menga­takan, Program Kampus Mengajar Kemitraan ini be­kerja sama dengan Univer­sitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan diikuti 13 ma­hasiswa tingkat akhir yang akan bertugas di sekolah binaan.

Dalam Program Kampus Mengajar Kemitraan Batch 1 ini telah dilakukan serah terima oleh Pemerintah Dae­rah Kabupaten Kupang melalui Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno dan para peserta yang akan ditugaskan di 13 sekolah binaan yang terdiri dari 9 SD dan 4 SMP selama 4 bulan, yaitu Januari – April 2022, disusul Batch 2 pada Mei– Agustus dan Batch 3 pada September–Desember.

“Para peserta Kampus Mengajar Kemitraan ini di­harapkan dapat menjadi mitra sekolah binaan serta bekerja sama dengan para kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan kuali­tas sekolah sekaligus men­jadi “agent of change” yang mampu membawa peruba­han positif dan inovatif un­tuk kemajuan sekolah,” tutur Herawati.

Sekadar diketahui, YPA-MDR yang berdiri sejak 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimi­liki PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kon­tribusi sosial berkelanjutan bidang pendidikan, dengan membina sasaran sekolah-sekolah di daerah prasejah­tera atau 4T (Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Ter­dalam) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Ung­gul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera.

Pola pembinaan yang dila­kukan berdasarkan 4 Pilar yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecaka­pan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan ber­upa sarana-prasarana penun­jang kegiatan belajar menga­jar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 111 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/ SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalen­gka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao. (*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.