Dorong Peningkatan Literasi Digital Jaringan 4G XL Axiata Jangkau Sebagian Besar Kecamatan di Sulawesi Tenggara

by -

Metropolitan – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan sekaligus pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia. Khusus di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam kurun waktu setahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G, berupa lebih dari 16 BTS 4G, hingga ke wilayah pelosok-pelosok pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau. Dari total kecamatan yang ada di provinsi tersebut, 48 % di antaranya atau 107 kecamatan, dengan total sekitar 1.200 desa telah terlayani jaringan 4G. Inisiatif tersebut merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata mendukung upaya pemerintah Membangun Indonesia Digital.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, “Trafik data di seluruh Sultra meningkat hingga 59% dalam satu tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan, maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.”

Dodik menambahkan keberadaan jaringan 4G di desa/kelurahan di Sultra ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.

Baca Juga  Hari Pelanggan Nasional 2021 XL Axiata Berikan Kado Spesial Bagi Pelanggan #darirumah

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 943 km dan mencakup sekitar 64% BTS. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 295 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Sultra tetap mengalami peningkatan sekitar 12%, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Muna.

Di seluruh Sultra, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Kendari, yaitu 98 BTS 4G. Kemudian diikuti wilayah Kabupaten Konawe, lebih dari 40 BTS 4G, dan Kabupaten Muna lebih dari 30 BTS 4G. Untuk area Kabupaten Konawe Selatan ada 27 BTS 4G, Kabupaten Bombana 23 BTS 4G, dan Kabupaten Kolaka dengan 21 BTS 4G.

XL Axiata juga memastikan kualitas jaringan data yang baik di beberapa area wisata dan bandara serta pelabuhan. XL Axiata telah menyiapkan jaringan 4G di Pantai Nirwana di kota Bau Bau, Pantai Kendari, dan Pantai Nambo di Kota Kendari. Sementara itu, untuk Bandara Internasional Haluleo, XL Axiata telah siap dengan 2 BTS 4G dan Pelabuhan Nusantara Kendari 4 BTS 4G.

Baca Juga  Optimalkan Pelayanan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Cabang Kedung Halang Membersihkan Jaringan

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area Sultra ditopang lebih dari 900 BTS, termasuk lebih dari 430 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Sementara itu, dalam upaya mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan dan jaringan 4G di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), khusus di wilayah Sultra, sejak tahun 2008 XL Axiata telah mengoperasikan jaringan melalui skema Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Hingga saat ini, terdapat 21 BTS USO 4G di Sultra yang tersebar di tiga Kabupaten, yakni di Kabupaten Konawe, Konawe Kepulauan, dan Konawe Selatan. BTS USO yang terbanyak berada di Kabupaten Konawe dengan 12 BTS USO 4G.

Ragam pilihan produk XL Axiata

Selain membangun jaringan 4G, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat di Provinsi Sultra untuk mendukung produktivitas mereka.
Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Sultra untuk mengakses layanan data di jaringan 4,5G, yaitu kartu perdana internet XL Xtra Combo Lite mulai 9GB – 70GB 30 hari dan juga kartu perdana internet AXIS Big Boy mulai dari 2GB – 12GB dengan Bonus Whatsapp, Line, Gojek, Grab, Facebook, Instagram, Google maps, Conference & Education untuk mendukung pembelajaran online dan bekerja dari rumah. Terdapat pula GRATIS pilihan paket Unlimited YouTube, Netflix, Vidio, Viu & Iflix khusus bagi pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo Lite 40Gb ke atas.

Baca Juga  Selama Liburan Natal dan Tahun Baru Trafik Data XL Axiata Naik 38%

Untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS, saat ini di Provinsi Sultra terdapat lebih dari 1.200 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata. Toko-toko tersebut tersebar hingga ke wilayah kecamatan dan desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata. Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan, di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata, atau pelanggan juga bisa datang ke XL Center yang beralamat di Jalan Bunggasi no 28, Kel Anduonohu, Kota Kendari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.