Gunungputri Punya FKPM, Jadi Penghubung Masyarakat dengan Polisi

by -

METROPOLITAN.id – Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Desa Bojongkukur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, resmi dibentuk.

Kapolsek Gunungputri, Kompol Andry Fran Ferdyawan melantik langsung organisasi independen yang dikelola bersama untuk meningkatkan pelayanan polisi pada masyarakat luas ini.

Pelantikan FKPM Desa Bojongkukur digelar di Aula Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Rabu (2/1). Forum ini diharapkan menjadi jembatan antara warga dengan masyarakat.

Pelantikan dihadiri jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Bojongkulur, Polsek Gunungputri dan pengurus FKPM dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kapolsek Gunungputri, Kompol Andry Fran Ferdyawan mengatakan, untuk menyediakan wadah penghubung antara masyarakat dan kepolisian, khususnya Polsek Gunung Putri, Pemdes Bojongkulur bekerja sama dengan Polri membentuk kepengurusan FKPM periode 2021-2024.

Baca Juga  2 Mobil Water Canon Bersihkan Lumpur Bojongkulur

Menurut Andry, kehadiran FKPM juga diperlukan untuk mencari solusi atau pemecahan masalah (problem solving) sebelum permasalahan itu lanjut ke ranah hukum.

“Contohnya permasalahan kecil yang terjadi di masyarakat, misalnya perselisihan antar warga, pertentangan, ketidaknyamanan, semua itu haruslah bisa diselesaikan secara kekeluargaan melalui FKPM ini sebelum melebar ke masalah hukum yang berujung pada pelaporan ke pihak Kepolisian,” ujar Andry.

FKPM juga diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam perlindungan masyarakat (linmas) yang mempunyai jiwa sosial, taat dan patuh hukum. Sehingga, bisa memberikan contoh yang baik dan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum di masyarakat.

“Selamat atas pelantikan ketua FKPM yang baru beserta jajaran masa kepengurusan 2021 – 2024 ini. Selamat bertugas, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita perlindungan, kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas yang mulia ini,” tandas Andry. (fin)

Baca Juga  Anggota Polisi Datangi Rumah Warga Malam-malam, Satu per Satu Disuntik

Leave a Reply

Your email address will not be published.