Hari Pers Nasional 2022, Ini Harapan Ketua DPRD Kabupaten Bogor

by -

METROPOLITAN – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, berharap pers terus menjaga po­sisinya sebagai pilar demokrasi Indonesia dengan menyebarkan informasi yang faktual, edukatif dan menginspirasi.

Rudy menilai peran strategis pers yang demikian sangat dibutuhkan, apalagi di tengah dinamisnya perkembangan zaman, menuntut masyarakat cepat beradaptasi dengan segala perubahan tersebut.

“Pers punya peran yang sangat strategis dalam mewujudkan pembangunan sesuai arah yang kita cita-citakan bersama. Melalui produksi berita, pers mengingatkan pemerintah, politisi dan semua ma­syarakat akan realita yang terjadi hari ini, sekaligus mewanti-wanti berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Rudy, peranan strategis yang dimiliki pers, harus dimanfaatkan dengan baik oleh insan pers. Apalagi, saat ini bangsa Indonesia san­gat membutuhkan narasi yang dapat menjaga ha­rapan, juga informasi akurat agar dapat membaca keadaan sebenarnya untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan.

Baca Juga  Seleksi Calon Direktur Perusahaan Daerah Jasa Transportasi Kota Bogor Periode 2021 -2026

“Kita berada pada situasi pandemi dan ini sudah memasuki tahun ketiga. Banyak hal yang berubah secara cepat dan banyak kebijakan yang diambil untuk merespons perubahan tersebut. Pers sangat membantu dalam menyebarkan informasi berbagai kondisi itu, dengan tetap menjaga nalar kritis ma­syarakat kita, menjembatani aspirasi masyarakat agar dapat menjadi input bagi pengambil kebijakan untuk menentukan keputusan yang perlu diambil,” bebernya.

Di saat bersamaan, sambung dia, era digitalisasi dengan segala perkembangan teknologinya mem­permudah masyarakat dalam men­cari seka­ligus menyebarkan informasi. Bahkan, teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang membuat masyarakat sangat mudah dalam memproduksi in­formasi kemudian menyebarkannya ke publik. “Banyak hal positif dari kemudahan terse(*/eka/ py)

Baca Juga  XL Axiata Dukung Pemerintah Perkuat Digitalisasi Sektor Perikanan Tangkap

Leave a Reply

Your email address will not be published.