Hujan Deras Bikin Warga Bojongbaru Resah, Minta Pemerintah Bikin TPT

by -

METROPOLITAN.id – Hujan yang belakangan terus turun di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor membuat resah warga Perumahan Puspa RT 4/12 Desa Bojongbaru, Kecamatan Bojonggede, yang berada di sekitaran Sungai Ciliwung.

Ketika hujan deras turun dan ketinggian sungai Ciliwung naik, rawan terjadi longsor.

Kecemasan itu dirasakan salah satu warga Perumahan Puspa Bojonggede, Fahri alfiano, warga setempat.

Ia mengaku waswas bila terjadi hujan deras, terlebih hujan deras yang berlangsung lama.

“Kami takut air Sungai Ciliwung meluap dan sekarang kondisi solokan pembuangan air ke sungai Ciliwung sudah memprihatinkan, bisa-bisa longsor,” katanya, Selasa (8/2).

Menurutnya, ketika bagian hulu sungai terjadi hujan deras, biasanya debit air sungai meninggi dan arusnya deras menuju hilir.

Baca Juga  Lupakan Emil Audero! Milih Timnas Indonesia, Cyrus Margono Ngarep Segera Dipanggil Shin Tae-Yong

“Apalagi, posisi rumah saya berada di dekat sungai,” tukasnya.

“Kemarin juga saat warga sedang kerja bakti, tiba-tiba terdengar suara longsor dipinggiran kali pinggiran Ciliwung,” tandas Fahri.

Masih kata Fahri, bukan hanya solokan yang tergerus, namun seluruh tanah di pinggiran Ciliwung salah satunya yang akan tergerus. Yakni pos keamanan, tiang listrik dan taman

Pihaknya hanya berharap agar pihak terkait, membangun pondasi atau Tebing Penahan Tanah (TPT) di area tersebut supaya tidak rawan longsor. Selain itu, ia juga meminta kepada pihak PLN untuk bertindak secepatnya sebelum tiang listrik roboh.

“Karena itu semua bisa membahayakan warga,” pungkasnya. (khr/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *