Jalan Amblas di Sholis Kota Bogor Mulai Diperbaiki Pekan Depan, Jalan Ditutup Total 10 Bulan

by -

METROPOLITAN.id – Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor yang amblas sejak akhir tahun lalu, dikabarkan segera bakal diperbaiki oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada pekan depan.

Kepastian itu ada setelah proses tender untuk perbaikan dan peningkatan jalan amblas tepat diatas Underpass menuju Cilebut atau Kebonpedes itu disebut sudah selesai.

Hal itu dibenarkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah Jawa Barat (Jabar) pada Kementerian PUPR, Maharshi Meunang.

“Untuk jalan Sholis, kemarin sudah tanda tangan kontrak. Pekan depan kita mau koordinasi dulu dengan Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor,” katanya, Kamis (3/2).

Ia menambahkan, koordinasi dilakukan mengingat perbaikan jalan nasional yang rusak itu akan meneln waktu perbaikan selama 10 bulan dan memerlukan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga  Kantor Imigrasi Bogor Kembali Buka, Layanani Pembuatan Paspor

Apalagi, perbaikan jalan akan dilakukan secara total dan menyeluruh.

“Misalnya perbaikan aramco yang ada di bawahnya, akan diganti dengan box culvert. Dengan begitu, pembangunan jalan yang dikepung underpass dan tebing jurang itu bisa lebih kokoh,” tandasnya.

Selain itu, kata dia, timbunan dan jalan juga diperbaiki dengan waktu pekerjaan selama 10 bulan.

Dampaknya, tentu ada pengalihan arus seperti yang terjadi saat ini.

“Hanya pengalihan arus saja, seperti sekarang yang tidak bisa dilalui jalannya,” paparnya.

Artinya, sambung dia, masyarakat harus melalui jalan alternatif lain selama perbaikan tersebut. Apalagi waktu 10 bulan selama perbaikan selama 10 bulan bukan waktu yang sebentar.

Diketahui, sejak November lalu jalan amblas di Jalan Sholis menyebabkan rekayasa lalu lintas, sehingga kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

Baca Juga  Sopir Biskita Transpakuan Kota Bogor Gelar Demo, Dua Jam Layanan Berhenti Operasi

Pengendara mesti memutar kendaraan yang melaju dari arah Yasmin mesti melewati Underpass jika ingin masuk ke kawasan Cilebut atau Kebonpedes.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya meminta agar Kementerian PUPR segera berkoordinasi dengan kepolisian karena perbaikan harus dikerjakan secara cepat.

Ia meminta agar pengerjaan jalan tersebut mempertimbangkan mobilitas warga agar tak terganggu.

“Tapi juga tidak bisa mengganggu mobilitas warga, jadi pasti nanti kepolisian sudah punya cara bertindaknya seperti apa kita akan koordinasikan,” tuntas Bima. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.