Pasar Ikan Parung Ramai saat Pandemi Covid-19, Ikan Hias Parung Sehari Untung Rp15 Juta

by -

Salah satu kegiatan saat pandemi Covid-19 yang mengasyikkan adalah memelihara ikan hias. Hobi memelihara ikan hias saat pandemi meningkat, karena bisa dijadikan terapi relaksasi pikiran saat berada di rumah tanpa ada kegiatan. Untuk berburu ikan hias, Pasar Ikan Parung di Desa Parung, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, adalah tempatnya.

KARENA ramai didatangi pehobi ikan hias, sentra pen­jualan ikan hias Parung pun terdongkrak. Semua itu dapat dilihat secara nyata di Pasar Ikan Hias Parung yang saat ini berstatus terbesar se-Asia Tenggara.

Salah seorang pedagang ikan hias yang menjual ikan ar­wana dari berbagai jenis dan channa, Midun, mengatakan, sejauh ini tersedia ratusan lapak yang menyediakan bera­gam jenis ikan hias bahkan banyak pembeli datang dari luar Bogor. “Dengan lapak yang begitu banyak, hampir 350 lapak lebih, ini merupakan yang terbesar dan terkomplet se-Asia Tenggara. Seluruh jenis ikan hias apa pun ada di sini. Tentunya kita sangat bangga,” ujarnya.

Baca Juga  Sudah 9 Kantor Pemkot Bogor yang ASN-nya Terpapar Covid-19

Midun menambahkan, para pengunjung Pasar Ikan Hias Parung berasal dari seluruh wilayah di nusantara, bahkan ada dari wisatawan luar ne­geri. “Pembelinya pasti se-Jabodetabek, Lampung, Serang, Bandung, Semarang, Jogja­karta. Saya rasa hampir seluruh daerah sih, semua pasti beli di sini. Pernah orang beli ikan untuk dibawa ke negaranya” terangnya.

Pemilik Kios Parung Snake­head ini menambahkan, om­zet secara keseluruhan peda­gang ikan hias jumlahnya mencapai miliaran rupiah. “Saya berharap tren ini masih terus bertahan. Ke depan pro­fit di sini sangat luar biasa. Satu hari itu omzet penjualan untuk ikan hias mencapai Rp3 sampai Rp4 miliar untuk ke­seluruhan pedagang. Omzet saya setiap hari antara Rp10 sampai Rp15 juta,” ujarnya.

Baca Juga  63 Warga Kelapa Dua Terpapar Covid-19

Bagi pengunjung yang ing­in membeli ataupun sekadar melihat beragam jenis ikan hias di Pasar Ikan Hias Parung dapat datang pada hari ter­tentu. Sebab, Pasar Ikan Hias Parung tidak buka setiap hari. Aktivitas jual-beli di pa­sar tersebut hanya dapat dila­kukan atau ditemui pada Senin, Kamis dan Sabtu mu­lai pukul 09:00–18:00 WIB.

Pasar Ikan Parung ini me­nyediakan ratusan jenis ikan hias yang cukup cantik. Mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut. Ikan tersebut men­cakup ikan mas koki, koi, discuss dan guppy. Ikan ini paling diminati dari ikan jenis air tawar. Untuk ikan air laut salah satu yang banyak dimi­nati adalah ikan nemo yang memiliki corak warna yang sangat bagus. (khr/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.