Potensi Tambah 2.100 Pelanggan, Perumda Tirta Pakuan Segera Rampungkan Pembangunan Mata Air Kabandungan

by -
Dirtek Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf. (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Perumda Tirta Pakuan melakukan konsultasi publik dan sosialisasi Surat Izin Penggunaan dan Pemanfaatan Air (SIPPA) untuk mata air Kabandungan dan IPA Palasari.

Konsultasi publik dilakukan sebagai persyaratan untuk operasional mata air Kabandungan dan IPA Palasari, yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan, pembangunan mata air Kabandungan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, hingga kini masih berproses.

Ia berharap, akhir Maret bisa selesai dan mulai dialirkan ke reservoir eksisting. Ada beberapa pekerjaan dalam pembangunan mata air Kabandungan ini.

Yakni pembangunan broncaptering atau bak penampung mata air, bangunan pembagi dan pemasangan pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU).

Baca Juga  Gelar Silaturahmi, Aliansi Mahasiswa UIN Jakarta Bahas Pemberdayaan Mahasiswa

“Saya sempat ke lapangan beberapa waktu lalu, salah satunya sekarang sedang tahap pengecoran broncaptering. Insya Allah targetnya akhir Maret tercapai, bisa segera dialirkan ke reservoir eksisting,” katanya saat ditemui Metropolitan di Balai Kota Bogor, Selasa (8/2).

Lalu, sambung dia, untuk pembangunan bangunan pembagi tengah dilakukan tahap penggalian.

Sedangkan pembangunan mata air Kabandungan diringi pemasangan JDU untuk wilayah tersebut yang saat ini disebut tengah dalam proses tender.

“Saat ini untuk pipa JDU kurang lebih hampir 290 meter lagi, karena terkait perizinan yang Untuk di jalan utama akses jalan adanya. Kemarin sudah keluar (izinnya), kalau bisa dilaksanakan pada malam hari karena itu daerah padat ya,” ujarnya.

Baca Juga  Hukuman Seumur Hidup Menanti Suporter Timnas Indonesia Jika Ketahuan Bakar Flare

Ia pun mengaku sudah menyampaikan kepada PPK maupun pelaksana bahwa Perumda Tirta Pakuan berharap pembangunan mata air Kabandungan setidaknya bisa rampung dalam hal mengalirkan air ke reservoir eksisting.

“Terlepas bangunan pendukung seperti lanskap dan lain-lain, bisa dilaksanakan secara simultan. Karena kontrak dari PPK (pembangunan) sampai akhir April,” tukasnya.

Dengan rampungnya mata air Kabandungan, Perumda Tirta Pakuan bisa melakukan penambahan pelanggan di zona 6 yang sejak tahun 2021 tidak ada penambahan.

“Itu akan menambah kurang lebih 30 liter per detik. Diperkirakan ada penambahan 2.100 pelanggan. Secara umum kan target kita di 2022 itu menambah jumlah pelanggan sebanyak 10.000 pelanggan,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.