Puncak Bogor Jadi Lautan Kendaraan, Ini Penyebab Kemacetannya

by -

METROPOLITAN.id – Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dipadati wisatawan selama long weekend atau libur panjang Isra Miraj sejak Sabtu (26/2). Jalur menuju kawasan wisata berhawa sejuk tersebut bahkan nampak seperti lautan kendaraan akibat macet panjang.

Momen kepadatan tersebut berseliweran di berbagai sosial media (sosmed). Nampak kendaraan roda dua dan roda empat nyaris tak bergerak akibat jalur yang terlampau penuh oleh kendaraan.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Suntana mengatakan, berdasarkan pengecekan di lapangan, banyak masyarakat yang berlibur ke kawasan Puncak.

Pihaknya lantas menyebar anggota kepolisian di titik-titik kemacetan.

Meski demikian, kemacetan panjang memang tak terhindarkan. Menurut Kapolda, kepadatan di Jalur Puncak tersebut terjadi karena ada sejumlah kendaraan yang mogok.

Baca Juga  Ngabuburit Asyik di Restoran Pesona Alam

“Kemarin terjadi kepadatan dikarenakan ada beberapa kendaraan yang mengalami mogok di tengah jalan. Ada sekitar 10 kendaraan yang akhirnya mengakibatkan antrean cukup panjang,” ujar Suntana di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Senin (28/2).

Meski demikian, ia mengaku kepadatan tersebut bisa terurai dengan tekayasa lalu lintas dan kehadiran petugas.

Kapolda juga mengimbau masyarakat yang ingin bepergian untuk memastikan kesehatan kendaraannya.

Ia meminta masyarakat tidak memaksakan bepergian menggunakan kendaraannpribadi tanpa memperhatikan kelaikan kendaraan.

“Lalu tetap berada di jalur. Jangan menyalip ke jalur lain karena bisa menghambat yang lain. Tetap berhati-hati di jalan dan mendengar informasi yang diberikan petugas,” terangnya.

Dalam video yang beredar di medsos, kendaraan roda dua nampak ikut memadati Jalur Puncak. Kapolda mengaku akan memberikan edukasi kepada pengendara roda dua agar tidak berkendara seenaknya tanpa mengindahkan aturan.

Baca Juga  Pesantren Patrialis Akbar di Puncak Belum Kantongi IMB

“Roda dua bersifat rombongan kadang suka tidak mengindahkan lalu lintas. Kita akan berikan edukasi, kalau perlu mengambil tindakanĀ  kepada pengendara sepeda motor yang selalu berjalan rombongan dan mengganggu serta mengambil hak jalan pengendara lain.l,” tandasnya.

Kapolda memperkirakan ada 82 ribu kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak Bogor.

“Berdasarkan tiga hari data jalan tol, ada sekitarĀ  82 ribu kendaraan yang mengarah ke arah Puncak yang melewati Tol Ciawi,” terang Suntana.

Dari jumlah tersebut, sekira 50 ribu lebih kendaraan tersebut sudah meninggalkan puncak hingga Senin (28/2) siang. Sementara sisanya masih berada di jalur.

“Sampai hari ini, berdasarkan data yang tersisa sekarang yang sudah kembali memasuki Tol Ciawi arah Jakarta sekitar 50 ribuan lebih (kendaraan). Sisanya 27 ribu yang masih di Jalur Puncak atau Sukabumi,” ungkapnya.

Baca Juga  Ternyata, Kemenkes RI Dan Swiss Sepakat Kerjasama Dalam Bidang Vaksin Dan Obat

Untuk itu, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas beruoa one way untuk mendorong kendaraan turun atau dari arah Puncak menuju Jakarta.

“dengan demikian kita lakukan one way keseluruhan,” pungkas Suntana. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *