Resmi Dilantik, BKPRMI Kota Bogor Siap Wujudkan Zero Buta Tulis Al-Quran

by -

METROPOLITAN.id – Jajaran pengurus DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Bogor yang baru secara resmi dilantik.

Pelantikan dilaksanakan di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) pada Sabtu (12/2) kemarin.

Sekretaris Umum DPW BKPRMI Jabar, Drs H Saeful Bahri yang turut hadir dan melantik langsung pengurus BKPRMI Kota Bogor meminta, pengurus baru ini dapat mewujudkan program zero buta tulis Al-Quran di Kota Bogor.

Sebab, BKPRMI merupakan organisasi yang bergerak untuk mengajarkan dan mendidik anak-anak setingkat TK untuk belajar dan mengenal huruf-huruf hijaiyah.

“Selain mengucapkan selamat, kami meminta BKPRMI Kota Bogor ini juga dapat mewujudkan harapan Kota Bogor ke depan, menjadi salah satu daerah yang zero buta tulis Al-Quran,” katanya.

“Ini juga sinkron dengan harapan Pemkot Bogor. Sehingga Insya Allah kalau ini menjadi kesepakatan anatara BKPRMI dengan Pemkot Bogor, maka tidak mustahil Kota Bogor ke depan mampu zero buta tulis Al-Quran,” ujar dia.

Baca Juga  Proyek Pembangunan Pengendalian Banjir Dikebut

Sementara itu, Penasehat DPD BKPRMI Kota Bogor, KH DR Ade Sarmili mengingatkan, pelantikan bukan akhir dari kegiatan pengkaderan. Melainkan, sebuah batu loncatan untuk mampu merespon tantangan yang diberikan di masa depan.

Untuk itu, pengurus BKPRMI Kota Bogor yang baru harus mampu mewujudkan tiga hal, yakni bagaimana remaja masjid peka dan sadar dengan program-program pemberdayaan di keumatan.

Lalu, remaja masjid harus paham dengan isu-isu sosial yang berkembang di tengah masyarakat. Terakhir, bagaimana remaja masjid terampil dalam membahas pemberdayaan ekonomi keumatan.

“Saya kira ketiga hal itu menjadi penting karena sekarang masyarakat berangkat dan akan kembali ketiga hal itu, melayani sosial, ekonomi dan keumatan,” katanya.

Baca Juga  Pemindahan Perpustakaan Kebun Raya Bogor Disoal, Direktur Revenue PT MNR: Mohon Maaf, Kepala LIPI Dulu ada di mana?

“Mudah-mudahan teman-teman BKPRMI Kota Bogor bisa jadi garda terdepan untuk pemberdayaannya, dan menjadi katalisator atau wasilah untuk perbaikan umat di masa yang akan datang,” ujar dia.

Menanggapi itu, Ketua DPD BKPRMI Kota Bogor terpilih, M Nurdat Ilhamsyah mengaku akan mensuport program zero buta tulis Al-Quran di Kota Bogor, terkhusus menyasar para tenaga pendidiknya. Karena, BKPRMI merupakan organisasi yang berkompeten dalam pendidikan Al-Quran.

“Kita suport. Apalagi penggagas zero buta tulis Al-Quran yang diimplementasikan melalui Bogor Mengaji ini digagas Dewan Penasehat kami sendiri. Kami merasa terpanggil dan wajib mensukseskan program ini,” katanya.

Tak hanya itu, Nurdat juga mengaku dalam kepemimpinannya ini ia akan membawa BKPRMI Kota Bogor konsen terhadap bidang ekonomi. Di mana, untuk mewujudkan itu pihaknya akan upayakan melalui pemberdayaan ekonomi berbasis masjid.

Baca Juga  Cegah Lansia Terlantar, Ini yang Dilakukan PKK Bogor

“Hari ini teman-teman mempersiapkan sinergitas dengan semua stakeholder perindustrian dan perdagangan mencoba untuk membuat koperasi jamaah masjid, ini perlu digarap remaja masjid dan kita perlu ekonomi kreatif khususnya,” ucap dia.

“Kita sepakati dengan Forkopimda berharap BKPRMI tidak hanya melulu ada di masjid dan menjaga di masjid, tapi diluar itu kita jadi agen of change pemberdaya, empoweringnya kita jalankan,” sambungnya.

“Mudah-mudahan dengan sinergitas ini kami dapat membantu di tengah pandemi Covid, dan BKPRMI hadir sebagai teman-teman yang bisa menjadi agen perubahan di masyarakat,” ungkap dia.

“Sesuai slogan kami yakni mujadit dan pembaharu, kita tidak ibadah mahdoh saja tapi diluar mahdoh juga kita ada, di luaran masjid kita menjadi orang yang bermanfaat bagi umat khususnya,” tandasnya. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *