Sang Legenda Pendiri Metallica Jon Zazula Telah Tiada

by -

METROPOLITAN – Jon Za­zula merupakan salah satu pendiri Metallica. Ia mening­gal dunia pada usia 69 tahun. Putri eksekutif musik Rikki mengumumkan berita itu di Facebook. Meski ia tidak men­gungkapkan penyebab ke­matiannya.

”Dunia kehilangan legenda sejati hari ini. Ayah kami men­jalani kehidupan secepat, keras, berat, kuat, dan ber­dampak seperti musik yang dibawanya ke dunia. Seman­gat dan kegigihannya me­micu karir band metal paling berpengaruh, dan, industri hebat dari satu generasi,” tu­lisnya.

Jon Zazula meninggal satu tahun setelah sang istri, Marsha, terlebih dulu dipang­gil Tuhan. Bersama-sama, mereka membangun kera­jaan dari sekotak vinil di pa­sar loak, menjadi label reka­man penjualan multi platinum, perusahaan manajemen dan penerbit. ”Dan rasanya tidak mungkin membayangkan dunia tanpa dia di dalamnya. Untuk kita semua yang menge­nal dan mencintainya,” tulis­nya lagi.

Metallica pun memberikan penghormatan kepada Za­zula. ”Musik cadas kehilangan salah satu juara hebatnya hari ini ketika Johnny Z me­ninggalkan dunia terlalu ce­pat. Pada tahun 1982, ketika tidak ada yang ingin mengam­bil kesempatan pada empat anak dari California memain­kan brand metal, Johnny dan Marsha melakukannya, dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah,” tu­lis Metallica.

Baca Juga  Metallica Nyanyikan ‘Indonesia Raya’ di Amerika?

”Dia adalah seorang mentor, manajer, kepala label dan figur ayah bagi kita semua. Metallica tidak akan men­jadi seperti sekarang atau di mana kita hari ini tanpa Jon Zazula dan istrinya, Marsha. Cinta dan simpati kami dit­ujukan kepada anak-anak Johnny dan cucu-cucunya, yang dia sayangi dan dibawa ke pertunjukan kami sejak mereka memakai popok.”

Metallica terdiri dari Lars Ulrich, James Hetfield, Kirk Hammett dan Robert Tru­jillo. Bersama Zazula yang membantu memberikan band terobosan besar setelah men­dengar demo mereka pada 1982. Itu adalah tahun yang sama Zazula ikut mendirikan label rekaman Megaforce dengan Marsha.

Megaforce merilis album debut Metallica, Kill ’Em All, pada 1983 serta Ride The Lightning, sebelum Metallica pindah ke Elektra Records. (dtk/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *