Waspada, Nomor Bupati dan Wabup Bogor Palsu Cari Mangsa

by -
Nomor palsu Bupati Bogor Ade Yasin

METROPOLITAN.id – Warga Kabupaten Bogor harus lebih waspada terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan kepala daerah. Belakangan, nomor yang mengaku Bupati dan Wakil Bupati Bogor berseliweran mencari mangsa.

Aksi penipuan dengan mengaku Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati (Wabup) Bogor ini sebetulnya bukan kali pertama terjadi. Namun, penipuan ini muncul kembali beberapa waktu belakanga.

Pelaku yang mengaku bupati atau wabup Bogor ini diketahui telah beberapa kali menghubungi pengurus sejumlah yayasan via pesan di aplikasi WhatsApp.

Modusnya, bupati dan wabup palsu ini mengabari soal bantuan dan meminta mangsanya mengirimkan via transfer bank.

Tak hanya itu, bupati dan wabup palsu ini juga kerap menggunakan dalih penggalangan donasi untuk acara maupun kegiatan sosial.

Baca Juga  Puluhan PKL Bakar Ban di Gerbang Kantor Bupati, Minta Jalur Lingkar Pakansari Dibuka

Pelaku juga biasanya tak langsung mengirimkan nomor rekeningnya, ia memberikan korban nomor yayasan tempat uang yang diminta akan disalurkan. Namun, hal itu hanya akal-akalan pelaku agar terlihat meyakinkan.

Pelaku diketahui mengirimkan nomor rekening BNI atas nama Dandi Rojer.

Informasi soal penipuan yang mengaku Bupati Bogor Ade Yasin ini disampaikan lewat salah satu akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, @pancakarsakabbogor.

“Waspada hati-hati penipuan mengatasnamakan Bupati Bogor Ade Yasin. Ibu Ade Yasin Bupati Bogor tidak pernah menghubungi siapapun untuk membicarakan soal bantuan apapun menggunakan nomor pribadi,” tulis akun tersebut, Senin (31/1).

Ia pun berharap kepolisian mengusut aksi penipuan yang mencatut nama kepala daerah ini.

Baca Juga  Jadi Temuan BPK, Rumdin Wakil Wali Kota Belum Diisi

“Terima kasih atas informasi pengaduannya. Mohon pihak @humaspolresbogor segera menindak tegas orang yang melakukan penipuan tersebut,” lanjutnya.

Nomor yang digunakan penipu dengan mengaku sebagai wakil bupati Bogor.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta masyarakat lebih hati-hati. Sebab, aksi penipuan yang mengaku sebagai dirinya atau bupati bukan kali ini saja terjadi.

“Hati-hati dengan nomor kontak yang mengatasnamakan saya di WA (WhatsApp) karena masih terus berlanjut. Saya tidak pernah meminta uang atau jasa apapun,” ujar Iwan Setiawan, Selasa (1/2).

Menyikapi aksi penipuan ini, Iwan mengaku bakal melaporkannya ke kepolisian agar tidak ada lagi yang menjadi korban.

“Silakan beritahu yang lain supaya tidak ada lagi yang menjadi korban penipuan. Insyaallah saya akan tindklanjuti penipuan ini pada pihak berwajib,” tandasnya. (fin)

Baca Juga  Junsam Resmi Nakhodai KONI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *