Akhirnya FIFA Resmi Larang Timnas Rusia Main di Piala Dunia, Federasi Sepakbola Rusia : Ini Diskriminatif

by -
Presiden FIFA Gianni Infantino. (Sumber Foto Reuters/Leonhard Foeger)

METROPOLITAN.id – Buntut invasi militer yang dilancarkan ke Ukraina, FIFA dan UEFA akhirnya resmi menjatuhkan hukuman kepada Rusia.

Setelah sebelumnya ‘hanya’ dihukum larangan menggunakan nama negara dan kibarkan bendera saat pertandingan, kini dua federasi sepakbola dunia dan Eropa itu resmi memberikan sanksi lebih berat.

Tim nasional dan klub-klub Rusia dilarang bertanding dalam seluruh kompetisi sepak bola di bawah naungan FIFA dan UEFA.

Hal itu disampaikan UEFA melalui laman resmi mereka, Selasa (1/3/2022) dini hari WIB. Adapun keputusan tersebut diambil Dewan FIFA bersama Komite Eksekutif UEFA.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional atau klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” demikian bunyi pernyataan kedua federasi seperti dikutip dari kompas.com, Selasa (1/3).

Baca Juga  Debut Starter Witan Sulaeman-Egy Maulana, FK Senica dibantai Slovan Bratislava 0-5, Pelatih : Ada Kendala Bahasa

Dengan keputusan ini, tim nasional Rusia tidak bisa bertanding melawan Polandia dalam semifinal playoff Piala Dunia 2022 yang akan digelar Maret ini.

Selain itu, klub Rusia, Spartak Moscow juga dipastikan keluar dari kompetisi Liga Europa.

Sebelumnya, Spartak Moscow sudah memastikan tempat di babak 16 besar Liga Europa dan akan melawan RB Leipzig.

Dengan demikian, RB Leipzig pun otomatis melaju ke perempat final Liga Europa.

“Sebagai konsekuensi dari keputusan hari ini oleh Komite Eksekutif UEFA untuk menangguhkan klub dan tim nasional Rusia dari kompetisi UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut, pertandingan Liga Europa antara RB Leipzig dan Spartak Moscow tidak dapat berlangsung dan RB Leipzig lolos ke perempat final,” bunyi pernyataan UEFA, dilansir dari Sky Sports.

Baca Juga  Akhirnya Penyuplai Video Porno Dalam Kasus 6 Anak Perkosa Bocah

Hal itu pun langsung direspons Federasi Sepak Bola Rusia yang memberikan tanggapan keras usai FIFA dan UEFA menjatuhkan sanksi pada tim nasional dan klub Rusia.

Federasi Sepak Bola Rusia menganggap keputusan FIFA dan UEFA sebagai sebuah bentuk tindakan diskriminatif.

“Ini tentu saja merupakan sebuah karakter diskriminatif dan menyakiti sejumlah besar atlet, pelatih, pekerja di klub dan juga tim nasional, dan yang paling penting, jutaan rakyat Rusia dan penggemar di luar negeri, yang seharusnya ditempatkan sebagai prioritas oleh organisasi olahraga internasional,” tulis mereka dalam pernyataannya, dikutip dari cnnindonesia.com (kps/cnn/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *