Berantas Peredaran Narkoba di Lapas Cibinong, Seluruh Kamar Napi Narkotika Digeledah

by -
Petugas saat menggeledah narapidana narkotika di Lapas Kelas 1A Cibinong.

METROPOLITAN.id – Lapas Kelas IIA Cibinong terus berbenah, hal itu seiring dengan adanya informasi peredaran narkoba yang dikendalikan oleh narapidana yang berada di dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong Usman Madjid mengungkapkan, jika narkoba memang menjadi musuh utama bagi seluruh masyarakat dan unsur penegak hukum, termasuk Lembaga Pemasyarakatan. Sehingga pihaknya berkomitmen secara penuh dalam memberantas narkoba dengan berpedoman kepada tiga kunci pemasyarakatan maju.

“Sebagai salah satu bagian dari penegak hukum di Indonesia, kami sangat mengutuk keras peredaran narkoba, khususnya di dalam Lapas dan Rutan,” kata Kalapas Cibinong, Usman Madjid.

Menurutnya tiga kunci pemasyarakatan maju menjadi dasar utama dalam pemberantasan setiap gangguan keamanan dan ketertiban. Sebagai langkah konkrit, Usman Madjid mengaku telah menggelar sidak ke kamar hunian warga binaan. Sejumlah barang yang dianggap terlarang pun berhasil diamankan.

Baca Juga  Ibu-ibu Asal Bogor Tewas Saat Lomba Tarik Tambang

“Kita lakukan giat penggeledahan insidentil ke kamar-kamar hunian warga binaan khusus pidana narkotika. Hal ini merupakan upaya deteksi dini mencegah beredarnya narkoba di dalam Lapas, kita juga amankan beberapa benda berbahaya yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan,” kata Usman.

“Sidak kami lakukan di blok hunian khusus narkoba. Kegiatan rutin kita laksanakan, meskipun mendadak dan rahasia,” sambung dia.

Dalam sidak tersebut, dilakukan oleh petugas gabungan dari Polres Bogor dan BNNK. Usman menyebut razia yang digelar merupakan wujud nyata dari komitmennya Zero HALINAR (Handphone, Pungli, Narkoba,red).

“Jumlah barang terlarang yang masuk ke kamar hunian setiap harinya kian menurun, ini semua berkat kerjasama dan kerja keras. Dengan ini kita harus terus meningkatkan pelayanan bagi warga binaan,” kata Usman.

Baca Juga  McLaren Mengubah Nama Dan Warna Jet Daratnya

“Untuk barang temuan hasil penggeledahan akan kami data dan dicatat, untuk selanjutnya di musnahkan,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.