Gelar Apel Ops Lodaya, Polresta Bogor Kota Bagikan Sabuk Keselamatan Anak

by -

METROPOLITAN.id – Polresta Bogor Kota menggelar apel Ops Keselamatan Lodaya 2022 di halaman Mako-nya di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Selasa (1/3).

Dalam kegiatan ini, jajaran Polresta Bogor Kota melalui Satlantas turut membagikan sabuk keselamatan anak bagi pemotor yang membonceng anaknya.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menjelaskan, perlu diketahui bahwa salah satu dari banyaknya kecelakaan roda dua terjadi karena adanya gangguan dari anak.

Di mana, saat seorang ibu atau ayah berupaya memberikan kenyamanan terhadap anak, terkadang juga menjadi salah satu kendala dalam berkendara.

Untuk itu, pihaknya mempunyai inovasi dengan memberikan bantuan sabuk keselamatan bagi anak khususnya saat di bonceng kendaraan roda dua.

Baca Juga  Pimpinan Dewan Kota Bogor Pamer Kinerja, Setahun 50 Kali Sidak ke Lapangan

“Jadi ini inovasi kami untuk memberikan bantuan sabuk keselamatan bagi anak. Ini bisa untuk anak usia kisaran sampai 4-5 tahun,” kata Kompol Galih kepada wartawan.

“Kebiasaan menyimpan atau menempatkan anak di depan jok itu, dengan sabuk keselamatan ini membuat anak merasa nyaman dan pengemudi juga tidak perlu khawatir atau pun terganggu saat berkendara,” sambungnya.

Dijelaskan Kasat Lantas, sabuk keselamatan bagi anak ini akan terus diproduksi pihaknya. Sementara, untuk saat ini yang sudah di produksi dan siap dibagikan secara gratis kepada masyarakat ada sekitar 400 lebih buah.

“Semoga Ops Keselamatan Lodaya 2022 ini berjalan dengan lancar dan kita bisa memberikan salah satu efek untuk memberikan keselamatan sehingga tidak ada lagi kecelakaan-kecelakaan yang melibatkan anak,” ujarnya.

Baca Juga  Horee.. Jokowi Izinkan Warga Lepas Masker di Ruang Terbuka

Sementara itu, seorang pengendara, Eri mengucapkan terima kasih atas bantuan sabuk keselamatan anak yang diterimanya. Karena, diakuinya, terkadang ia mengalami kendala saat membonceng anaknya.

“Terima kasih, jadi lebih aman bawa anak. Kendalanya kadang anak ngantuk di jalan. (Dengan sabuk keselamatan ini) jadi lebih safety,” katanya.

Terpisah, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menuturkan, tujuan dalam kegiatan Ops Keselamatan Lodaya 2022 ini dilakukan untuk menurunkan angka kecelakaan lalulintas dan pelanggaran.

Namun, pada operasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pihaknya tidak mengedepankan upaya-upaya penegakan hukum. Melainkan, mengedepankan upaya himbauan hingga pencegahan.

“Kegiatan dua minggu ke depan akan kami fokuskan kepada upaya-upaya untuk yang lebih humanis dan persuasif, sehingga masyarakat mengerti mengapa harus berkendara secara aman baik bagi pengendara maupun pengendara jalan lainnya,” katanya. (rez) 

Baca Juga  Tuntut Mundur Dekan, Aksi Demo Mahasiswa Fakultas Hukum Unpak Bogor Diwarnai Kericuhan antar Dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published.