Hari ini Perpusnas Gelar Rakornas Perpustakaan 2022

by -

METROPOLITAN.ID – Hari ini, Selasa, (29/3) Perpustakaan Nasional mulai menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2022. Rakornas Perpustakaan tahun ini mengusung tema ‘Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional’, yang diisi dengan beragam diskusi menarik yang mengupas persoalan dan tantangan literasi Indonesia.

Rakornas digelar secara hybrid, dengan peserta yang hadir secara luring (tatap muka) dibatasi hanya 750 peserta saja dengan komposisi peserta terbanyak lainnya yakni 10.000 orang akan badir secara daring.Peserta luring ini terdiri dari Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketua Forum Perpustakaan/Penerbit Pengusaha Rekaman dan pihak-pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas selama ini.

Dalam momen Rakornas ini, seluruh insan perpustakaan dan pegiat literasi dari berbagai daerah di Indonesia akhirnya kembali berkumpul. Karena terakhir Rakornas yang digelar secara tatap muka adalah pada tahun 2019. Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun Rakornas harus tetap digelar untuk menyatukan tujuan dan program seluruh stakeholder perpustakaan di Indonesia.

Baca Juga  Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Nataru se-Indonesia, Termasuk Kota Bogor

“Rakornas adalah tempat untuk seluruh stakeholder perpustakaan di Indonesia berkumpul, berbagi informasi tentang kondisi perpustakaan di berbagai daerah hingga bisa mendapatkan informasi kunci sukses dalam menjalankan fungsi perpustakaan demi meningkatkan budaya literasi sekaligus berperan dalam pemulihan ekonomi dan berkontribusi dalam kemajuan bangsa,” katanya.

Hari pertama Rakornas ini diisi beberapa kegiatan seperti Penandatanganan MoU Perpusnas dengan beberapa Perguruan Tinggi seperti UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Universitas Al Gifari, Universitas Al Sali-Al Aitam, IAI Ngawi dan STMIK Jawa Barat.

Penandatangan ini langsung dihadiri oleh seluruh rektor perguruan tinggi tersebut.Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Perpusnas dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati langsung hadir di tempat, sekaligus memberikan sekapur sirih di acara Rakornas ini.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dengan beberapa kategori, diantaranya Penghargaan kepada Provinsi dengan Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi Tahun 2021 Bintang Puspayoga, Provinsi dengan Nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tertinggi Tahun 2021 Bintang Puspayoga dan Provinsi Dengan Cakupan Akreditasi Perpustakaan Terbaik Provinsi dengan prosentasi perpustakaan terakreditasi terbanyak (Tertinggi).

Baca Juga  Kantongi Dukungan Sejawat hingga Senior, Marwan Suherwan Pede Nyalon Ketum Hipmi Kota Bogor 2021-2024

Penghargaan berikutnya adalah dengan kategori Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan Terbaik, Provinsi dengan Nilai Kinerja Anggaran Dekonsentrasi Terbaik Tahun 2021. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan tema “Kebijakan Perpustakaan Nasional dalam Penguatan Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional yang diisi oleh Muhammad Syarif Bando (Kepala Perpusnas), Didik Suhardi (Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK) Lalu dilanjutkan dengan Paparan Direktur Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami dengan tema “Transformasi Perpustakaan dalam Peningkatan Indeks Budaya Literasi yang berkontribusi terhadap Indeks Pembangunan Kebudayaan”.

Putut Hary Satyaka, Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan memberikam pemaparan tentang “Kebijakan Anggaran Perpustakaan dalam Peningkatan Pembangunan Literasi dan Kegemaran Membaca Masyarakat”. Pada siang hari, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Pembicara Kunci sekaligus membuka acara Rakornas Perpustakaan 2022. Muhadjir mengangkat Tema “Peta Jalan Peningkatan Literasi Memperkuat Kolaborasi Antarlembaga dalam Mewujudkan Masyarakat Berbudaya Literasi Indonesia.

Baca Juga  Pengeroyokan Siswi SMP oleh Siswi SMA di Pontianak

Mewakili DPR RI, Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI juga memaparkan “Peran dan Upaya Legislatif dalam Mendukung Transformasi Digital Perpustakaan di Indonesia”. Yang tidak kalah menarik adalah kehadiran Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang memaparkan “Strategi Pembangunan Perpustakaan di Provinsi Sulawesi Tenggara” dan Paparan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Budi Rayhani Leman yang memaparkan tentang “Keamanan Informasi dalam Ekosistem Digital Nasional”. Terakhir adalah Paparan Endah Sri Rejeki Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian PPA dengan tema PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak): Pemenuhan hak anak atas informasi layak anak melalui Perpustakaan” Masyarakat yang ingin dapat mengikuti Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022 ini, masih bisa mengakses ke https://s.id/REGISTRASIRAKORNAS2022v atau di youtube Perpustakaan nasional https://www.youtube.com/watch?v=dbNEemT62u8 . (*/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.