Kronologi Korban Kebakaran di Kampung Cingcau Bogor: Berhasil Menyelamatkan Diri, Jadi Korban saat Selamatkan Cucunya

by -

METROPOLITAN.id – Dibalik kebakaran yang melanda Kampung Cingcau, RT 02/09, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor hingga menyebabkan satu orang luka-luka memunculkan fakta mengejutkan.

Ucu Sumiati yang menjadi korban luka-luka dalam kejadian kebakaran ini diketahui sempat berhasil menyelamatkan diri keluar rumah. Akan tetapi, dirinya terpaksa masuk kembali ke dalam rumah lantaran sang cucu tertinggal.

“Sebenarnya sudah berhasil keluar dari rumah menyelamatkan diri, tapi karena cucunya masih di dalam, beliau kembali lagi ke rumah untuk menyelamatkan cucunya,” kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan di Damkar Kota Bogor, M Ade Nugraha kepada wartawan, Selasa (29/3).

Saat hendak menyelamatkan cucunya, dikatakan Ade, tiba-tiba plapon rumah miliknya jatuh hingga menimpa kepala dan tangan korban.

Baca Juga  Tiga Tahun Nunggak Pajak Rp50 Juta, Rumah Mewah di Kota Bogor Dipasang Plang Peringatan

“Plapon yang jatuh terbakar itu menimpa kepala dan tangan korban. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Adapun, dilanjutkan Ade, akibat kebakaran ini ada sebanyak 11 rumah yang terbakar dengan korban terdampak sebanyak 15 KK dan 43 jiwa.

Rencananya, untuk sementara mereka akan mendapatkan bantuan melalui program Hunian Sementara (Huntara).

Sebelumnya, kebakaran melanda Kampung Cingcau, RT 02/09, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Selasa (29/3) dini hari. Sebanyak 11 rumah dilahap si jago merah dan satu warga mengalami luka-luka.

Informasi dihimpun, kejadian kebakaran sendiri terjadi sekitar pukul 04:30 WIB. Di mana, api diketahui muncul pertama dari atap rumah milik salah seorang warga.

Baca Juga  Ganjil Genap Puncak Bogor Berpeluang Dipatenkan Tiap Akhir Pekan, Asalkan...

Kemudian, api membesar hingga menjalar ke beberapa rumah warga lainnya, hingga membakar total sebanyak 11 rumah.

“Sumber api dari lantai dua bagian atap rumah warga. Diduga karena korsleting listrik,” kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan di Damkar Kota Bogor, M Ade Nugraha.

Menurutnya, akses yang padat juga menjadi penyebab api cepat merambat. Akan tetapi, setelah lima unit mobil Damkar diturunkan, api berhasil dijinakan.

“Saat ini proses pendinginan pun sudah selesai kita laksanakan,” ujar Ade.

Disisi lain, kebakaran yang melanda Kampung Cingcau menyebabkan satu orang korban luka-luka, Ucu Sumiati. Korban mengalami luka bakar di bagian kepala dan kaki.

“Sudah dibawa ke RS Melania. Kakinya sama rambutnya kena api. Tapi alhamdulillah masih selamat,” kata Yuyun (40).

Baca Juga  PHRI Was-was Okupansi Hotel Anjlok Lagi Kena Imbas Ganjil Genap

Pantauan di lapangan, sejumlah warga yang terdampak tengah melakukan evakuasi terhadap barang-barang yang masih bisa diselamatkan. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.