Nyinyiran Warganet buat FIFA : Tegas ke Rusia, tapi Lembek terhadap Israel dan Amerika

by -
Presiden FIFA Gianni Infantino. (Sumber Foto Reuters/Leonhard Foeger)

METROPOLITAN.id – FIFA mengambil langkah tegas dengan menghukum Rusia setelah invasi negara tersebut ke Ukraina.

Namun kemudian warganet membalas dengan kritik pedas soal standar ganda yang diterapkan badan sepak bola tertinggi di dunia tersebut.

Dalam hukuman tersebut, Rusia dipastikan gagal melaju ke Piala Dunia 2022, sementara klub Spartak Moskow juga tak akan bisa melangkah di Liga Europa.

FIFA dan UEFA telah menjatuhkan sanksi larangan bermain bagi timnas Rusia dan klub-klub Rusia berlaga di ajang yang berada di bawah naungan dua lembaga tersebut.

Keputusan FIFA mendapat sambutan sekaligus kritikan. Salah satu kritik yang ramai tersiar di lini masa media sosial adalah mengenai standar ganda yang ditetapkan Gianni Infantino dan kawan-kawan.

Baca Juga  Sempat Tertunda, Universitas Pakuan Bogor Gelar WEBF 2022 Secara Offline

Netizen menganggap FIFA yang keras kepada Rusia tidak bisa berlaku serupa terhadap Israel yang menginvasi Palestina.

Ada yang menyebutkan FIFA bergeming dan menutup mata ketika Israel menyerang Palestina.

Selain itu ada pula yang menganggap FIFA mengaitkan dukungan kepada Palestina sebagai tindakan politis, sementara dukungan kepada Ukraina mendapat sambutan positif.

Tak hanya soal Israel, FIFA pun dianggap tidak bergerak menyusul tindakan-tindakan Amerika Serikat yang menyerang beberapa negara.

Lantaran kekerasan yang terjadi di Timur Tengah tidak mendapat tanggapan sebesar serangan Rusia ke Ukraina, seorang pesepakbola asal Turki Aykut Demir pun menolak mengenakan kaus bertema solidaritas kepada Ukraina.

Demir menganggap ada pengabaian mengenai kekerasan di Timur Tengah dan berharap masalah kemanusiaan di daerah tersebut juga mendapat perhatian. (cnn/ryn)

Baca Juga  Melati, Idola Baru Badminton Lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published.