Pasar Ciawi Jadi Langganan Banjir, Saluran Air Dipenuhi Sampah, Tiap Minggu Rutin Gelar Opsih

by -

Pasar Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, langganan banjir. Khususnya kios yang berada paling bawah atau basement. Setiap diguyur hujan deras, genangan airnya selalu masuk ke dalam pasar.

MENURUT salah seorang pedagang Pasar Ciawi, Yeni, kondisi tersebut diakibatkan saluran drainase yang kerap dipenuhi sampah. ”Karena banyak sampah, aliran air tersendat hingga meluap,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Selain itu, saluran air drai­nase yang melintas ke pasar tidak berfungsi dengan baik. Bila turun hujan deras, maka tumpahan air itu jatuh ke da­lam pasar area basement. ”Kejadian Sabtu (5/3) hujan deras, air dari saluran air tum­pah ke area basement. Ini sudah terjadi empat kali se­panjang 2022,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pasar Ciawi, Dadang Mulya­di, membenarkan hal terse­but. Menurutnya, meluapnya air dikarenakan saluran drai­nase tidak efektif menampung curah air hujan yang masuk. ”Bila curah hujan tinggi, daya tampung drainase kurang akibat tersendat, air pun me­luap ke atas,” ujarnya.

Baca Juga  Harga Beras di Pasar Ciawi Mulai Turun

Untuk meminimalisasi ban­jir di Pasar Ciawi, pihaknya rutin menggelar operasi ber­sih (opsih). Yakni, member­sihkan drainase yang kerap tersumbat sampah. ”Ya, kita selalu rutin opsih seminggu sekali,” ungkapnya.

Saat terjadi banjir, pihaknya juga mengoperasikan pompa air untuk membuang air. Namun terkadang curah hu­jan yang tinggi, membuat banjir masih tetap mengge­nang. (jal/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *