‘Pemilu Kecil’ ala Kelurahan Empang Kota Bogor, Ammar Askar Terpilih Jadi Ketua RW 02

by -
Dok. pribadi

METROPOLITAN.id – Warga di RW 02 Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, antusias menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan ketua RW 02 masa bakti 2022-2027.

Dikemas layaknya pemilihan umum, pemilihan ketua RW 02 digelar di halaman SD Al Irsyad Bogor, Minggu (6/3/2022). Pada hari-H pemungutan suara disediakan empat bilik suara dan dua kotak suara.

Bakal calon ketua RW 02 sudah melalui tahapan seperti dalam penyelenggaraan pemilu. Di antaranya sosialisasi bakal calon dengan pamflet atau brosur berikut nomor urut, hingga debat kandidat.

“Prosesnya seperti pemilu. Ada beberapa tahapan. Pertama kepanitiaan diatur dengan ketentuan tatib-nya. Selanjutnya pendataan DPT (daftar pemilih tetap), pelaksanaannya sesuai mekanismenya, termasuk tahapan pencoblosan,” kata Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 02 Hendro Gunawan.

Menurutnya, pemilihan ketua RW 02 dikemas seperti penyelenggaraan pemilu, sebagai upaya mengedukasi warga tentang pemilihan secara demokrasi.

Baca Juga  Viral! Oknum Polisi di Bogor Tilang Pemotor Lalu Minta Uang Rp2,2 Juta

“Inilah yang harus kita edukasi untuk pembelajaran buat warga mengikuti proses pemilihan secara demokrasi. Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan antusias warga juga luar biasa dengan jumlah 262 pemilih,” tukasnya.

Ada empat kandidat yang turun dalam pemilihan ketua RW 02. Nomor urut 1 Ammar Askar, nomor urut 2 Abdul Zikri, nomor urut 3 M Yusuf Maulana dan nomor urut 4 Umar Thalib.

Berdasarkan perolehan suara, Ammar Askar meraih suara terbanyak dengan 119 suara. Diurutkan kedua, Abdul Zikri memperoleh 78 suara.

Disusul Umar Thalib memperoleh 44 suara, dan terakhir M Yusuf Maulana yang meraih 19 suara. Adapun 2 surat suara dinyatakan tidak sah.

Lurah Empang Muhammad Al Farhan yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan pemilihan ketua RW 02 yang berjalan dengan baik.

Baca Juga  Warga Bisa Beli Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu Maksimal 10 Liter, Mendag Zulhas : Bakal Masuk Minimarket

Begitu juga dengan tingkat partisipasi warga dalam pemilihan ini cukup tinggi.

“Partisipasi warga sangat banyak juga kurang lebih 70 persen dari DPT, ini cukup tinggi dalam pemilihan RW saat ini dan calonnya pun cukup banyak, ada empat calon. Jadi bisa simpulkan pemilihan RW 02 ini sangat demokrasi dan yang terpilih pun calon yang terbaik bagi RW 02,” tegasnya.

Dengan terpilihnya Ammar Askar sebagai ketua RW 02, ia mengajaknya untuk sama-sama dengan RW lain membangun wilayah Kelurahan Empang.

“Tugas Ammar sekarang akan lebih berat, melayani warga RW 02 dan juga punya tugas membantu kelurahan dalam melayani masyarakat,” kata Al Farhan.

Sementara itu, Ketua RW 02 Terpilih Ammar Askar mengawali berterimakasih kepada warga RW 02 yang sudah memberikan amanah kepadanya.

Ia takjub melihat antusias warga dalam kegiatan pemilihan RW 02. Bahkan warga rela kehujanan saat proses perhitungan suara.

Baca Juga  Habib Rizieq Diincar Sejak 2016, Dijerat Sejumlah Kasus

“Insya Allah saya akan menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin. Saya juga meminta warga terutama sesepuh untuk selalu mengigatkan kami anak muda. Sebab kami pasti ada salahnya dan tolong ingatkan,” tandas pria yang juga Wabendum HIPMI Kota Bogor itu.

Ia akan mengajak warga duduk bersama untuk menyusun kepengurusan. Selanjutnya dalam waktu dekat ini, ia akan meluncurkan website RW 02 Juara termasuk media sosial sebagai sarana informasi seputar RW 02. Berkenaan aspirasi warga pun akan ditampung dan dicarikan solusi terbaiknya.

“Dan kita akan mengubah sistem konvensional untuk pembuatan KTP, surat pindah atau KK dengan sistem format WhatsApp. Jadi warga tinggal mengisi nanti langsung dikirimkan seperti form QR,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *