Polisi Bogor Siapkan Alat Deteksi Pengendara Mabuk

by -

METROPOLITAN – Polresta Polisi Bogor Kota mem­perkenalkan alat baru yang dimilikinya, ber­nama Breath Alcohol Tester.

Alat tersebut digunakan untuk mengincar pengemudi yang ber­kendara dalam kondisi mabuk atau mengonsumsi minuman ke­ras (miras). Uji coba alat ini pun sudah dilakukan seming­gu terakhir saat pihaknya melakukan giat.

“Jadi selama ini kita kan da­pat laporan bahwa beberapa pengemudi angkot ada yang ugal-ugalan karena dalam kondisi mabuk, makanya kita cek,” kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria kepada wartawan, baru-baru ini.

Dari hasil tes random, pi­haknya belum menemukan adanya pengendara yang po­sitif mabuk. Ia menjelaskan alat tes ini akan menyasar seluruh pengemudi yang melintas di wilayah hukum Polresta Bogor Kota.

Baca Juga  Polsek Keliling Desa Suntik Warga yang Belum Divaksin

“Bukan cuma pengemudi angkot, kita juga menyasar pengemudi lain termasuk gerombolan anak muda yang bawa motor secara ugal-uga­lan di malam hari,” sambung­nya.

Cara pakai Breath Alcohol Tester ini, jelasnya, nantinya pengemudi diminta meniup­kan alat ini melalui lubang yang tersedia. Kemudian, dari tiupan itu muncul angka berupa kadar dari alat terse­but.

“Kalau di atas 20, pengem­udi tersebut berarti dalam keadaan mabuk, sehingga tidak disarankan untuk me­lanjutkan kendaraannya,” ucapnya.

“Tujuan dari pengujian alat ini kita gunakan untuk men­cegah masyarakat jadi korban, khususnya dalam hal ke­celakaan lalu lintas,” lanjutnya.

Disinggung seberapa aman alat ini digunakan dalam kon­disi pandemi Covid-19, ia meyakini bahwa alat tersebut aman karena alat tiup yang digunakan setiap pengemudi berbeda.

Baca Juga  100 Kali Beraksi Pencuri Bersenpi Dibekuk

“Sekali pakai atau setelah dipakai buang yang buat ni­upnya itu. Kalau alat utama­nya, cukup kita bersihkan saja,” tandasnya. (rez/feb/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.