Polisi Sita Aset Doni Salmanan hingga Rp60 Miliar

by -
METROPOLITAN.id – Bareskrim Polri menyita sejumlah aset milik tersangka afiliator Quotex, Doni Salmanan. Pengacara mengklaim total aset yang telah disita mencapai Rp 60 miliar.
“Total aset yang disita kurang lebih Rp 60 miliar mungkin. Dua rumah itu hampir Rp 20 miliar terus itu kendaraan-kendaraannya itu kurang-lebih Rp 50 miliar lebihlah,” kata kuasa hukum Doni Salmaban, Ikbar Firdaus N, saat dimintai konfirmasi, Senin, (14/3/2022).
Dia mengatakan aset yang telah disita sesuai dengan penuturan Doni Salmanan ke penyidik. Menurutnya, pihaknya dan istri Doni pun terbuka menerima penyitaan tersebut.
“Nggak apa-apa kalau sesuai apa yang terurai dalam fakta ya nggak ditahan-tahan juga kok, udah Bu Dinan juga semua. Itu sesuai apa yang diuraikan oleh tersangka udah,” ujarnya.
Selain itu, dia membenarkan jumlah rekening Doni yang telah diblokir lebih dari satu. Dia menyebut ada tiga rekening Doni yang diblokir.
“Tiga (rekening yang diblokir) sepengetahuan saya,” ucapnya.
Sebelumnya, Bareskrim Polri menetapkan Doni Salmanan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) platform Quotex. Sejumlah aset milik Doni Salmanan kini disita Bareksrim Polri.
Pada saat penetapan tersangka Doni Salmanan, polisi menyita ponsel hingga akun YouTube-nya. Selain itu, polisi menyita bundel mutasi rekening, bukti transaksi deposit, hingga flashdisk berisi file video yang diunduh dari YouTube King Salmanan.
Sejumlah harta milik Doni Salmanan yang disita Dittipidsiber Bareskrim Polri antara lain mobil Porsche berwarna biru muda hingga belasan motor mewah. Aset-aset itu disita dari rumah Doni yang ada di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.
“Iya (disita di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat),” ujar Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol sambil melampirkan foto mobil Porsche Doni disita.
“Barang bukti yang disita ada HP jenis iPhone 13, akun YouTube King Salmanan, dua akun e-mail yang terkoneksi dengan akun YouTube dan akun Quotex,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (8/3).
Dittipidsiber Bareskrim Polri juga menyita dua rumah Doni Salmanan. Dua rumah itu ada di Bandung Barat dan Soreang.
“Ada 2 (rumah yang disita),” kata Kombes Reinhard Hutagaol kepada wartawan, Minggu (13/3).
Reinhard belum membeberkan apa saja aset Doni yang telah disita. Dia mengatakan dua rumah Doni yang disita berada di Soreang dan Bandung.
“(Rumah yang disita berada di) Soreang dan Bandung,” ujarnya. (dtk/els)

Baca Juga  Ratusan Pengembang Belum Serahkan PSU, Dewan Sentil DPKPP

Leave a Reply

Your email address will not be published.