Resmi Berubah Status, Perumda Jasa Transportasi Pakuan Kota Bogor Bisa Punya SPBU

by -
Suasana rapat paripurna pengesahan Raperda Perumda Jasa Transportasi Pakuan di DPRD Kota Bogor, Kamis (10/3). (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama DPRD akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)  perubahan nama Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Jasa Transportasi Pakuan Kota Bogor, dalam rapat paripurna di DPRD Kota Bogor, Kamis (10/3).

Dalam perda perubahan status tersebut, Perumda Jasa Transportasi Pakuan kini punya tambahan jenis usaha untuk menggenjot pendapatan untuk Kota Bogor. Tidak hanya operasional angkutan umum, Perumda Jasa Transportasi Pakuan bahkan bisa mengadakan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU).

Menurut Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bogor Endah Purwanti, materi pokok dalam raperda meliputi pelayanan kebutuhan transportasi kepada masyarakat menunjang pembangunan kota dan terpenting sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga  Waduh, Netflix Cabut! Publik Nggak Bisa Lagi Akses Aplikasi dan Web

“Dalam perda itu menambah kegiatan usaha yakni angkutan umum dan angkutan wisata, bengkel umum, kendaraan derek,  perparkiran,  periklanan,  stasiun pengisian bahan bakar dan jenis usaha lainnya di bidang transportasi,” katanya, Kamis (10/3).

Dengan perubahan nama tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya dengan tegas berharap kedepannya Perumda Jasa Transportasi Pakuan  tidak hanya melayani publik, tapi meningkatkan kapasitas finansial. Apalagi, dengan perda ini, Perumda Jasa Transportasi Pakuan punya banyak sektor tambahan untuk meningkatkan pendapatan.

Ia menjelaskan, Perda Perumda Jasa Transportasi Pakuan merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Di mana bentuk BUMD yang sebelumnya Perusahaan Daerah (PD) berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda)

Baca Juga  Geruduk Kantor DPRD, Warga Jampang Tuntut Pemekaran 18 Kecamatan

“Ini jadi momentum percepatan pemulihan Perumda Jasa Transportasi Pakuan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat. Untuk menjadi BUMD yang sehat dan maksimal melayani publik. Ini juga harus jadi momentum percepatan recovery ekonomi di Kota Bogor,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.