Resmi Dibuka, Operasional Taman Publik di Kota Bogor Cuma Dibatas 12 Jam

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara resmi membuka sejumlah taman publik yang ada di wilayahnya pada Senin (14/4) hari ini.

Meski begitu, Pemkot Bogor masih membatasi jam operasional sejumlah taman publik selama 12 jam, yakni dari pukul 06:00-18:00 WIB.

Kabid Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacki Faizal menjelaskan, pembatasan jam operasional taman publik ini dilakukan untuk memudahkan pengawasan park ranger.

“Jadi, tujuan pembatasan ini agar tidak terjadi kerumunan selama pengoperasian taman publik. Jam kunjungan kita batasi, mulai jam 6 pagi sampe 6 sore,” kata Irfan kepada wartawan, Senin (14/3).

“Semua taman dibuka juga untuk menyebar agar tidak tertuju di satu lokasi,” sambungnya.

Selain memberlakukan pembatasan jam operasional, menurutnya, pihaknya juga akan menutup semua taman publik selama dua hari dalam satu pekan.

Baca Juga  Ada 23 Ribu Hewan Ternak di Jabar Kena PMK, Ridwan Kamil Beri Respons Kebijakan Ganti Rugi Rp10 Juta

“Senin dan Selasa kemungkinan akan kita coba tutup. Karena kita juga perlu waktu untuk pemeliharaan, baik sterilisasi, penyemprotan disinfektan hingga pemeliharaan rumput itu sendiri,” ucap dia.

Tak sampai situ, dilanjutkan dia, pihaknya juga mewajibkan setiap pengunjung taman publik untuk melakukan scan barcode pada AplikasiLindungi yang telah disediakan, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas.

“Kalau suhu tubuhnya melebihi dari batas yang ditetapkan, maka yang berkaitan dilarang masuk, kita atur sedemikian rupa detail in outnya bagi masyarakat yang akan menggunakan taman,” imbuhnya.

Adapun taman yang sudah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi yakni Alun-alun Kota Bogor, Taman Sempur, Taman Peranginan, Taman Heulang dan Taman Kencana.

Baca Juga  Lagi, Tenaga Kesehatan di Puskesmas Bogor Meninggal Usai Terpapar Covid-19

“Kelima ini memang yang menjadi pusat perhatian kita. Karena lebih dominan dan sering dikunjungi masyarakat pada akhir pekan,” beber dia.

“Mulai besok juga akan kita siapkan stiker, sehingga pengunjung yang masuk langsung diberikan stiker sebagai penanda untuk memudahkan petugas park ranger,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membuka sejumlah taman publik yang ada di wilayahnya untuk umum mulai Senin (14/3) besok.

Keputusan ini diambil setelah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Bogor turun ke level 2 saat ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengatakan, fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75 persen.

Baca Juga  Camat Punya Penting Perkuat Pembangunan SDM Pertanian

“Insya Allah besok sudah dibuka, namun tetap menggunakan protokol kesehatan ketat,” kata perempuan yang akrab disapa Esti kepada wartawan, Minggu (13/3).

Selain itu, menurutnya, setiap pengunjung yang hendak memanfaatkan taman publik wajib untuk menggunakan Aplikasi PeduliLindungi yang telah disediakan Pemkot Bogor. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Untuk itu, Taman Sempur hingga Alun-alun Kota Bogor yang menjadi taman ikonik di Kota Bogor akan menjadi perhatian khusus Pemkot Bogor.

Di mana, pihaknya bakal menurunkan park ranger untuk pengawasan prokes, dibantu Satpol PP dan Satgas Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

“Karena tetap harus ada sosialisasi dan pengawasan ya, meskipun prokes-nya jalan,” ujar Esti. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.