Sekcam Cijeruk Apresiasi Pemdes Palasari yang Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Rest Area

by -
METROPOLITAN.id – Untuk memajukan desa dan menyejahterakan warganya, Kades Palasari, Kecamatan Cijeruk, Aip Syaripudin memanfaatkan lahan tanah bengkok seluas kurang lebih 7.000 meter persegi untuk dikelola menjadi tempat usaha para warga sekitar. Ke depanya lahan kosong tersebut akan digunakan sebagai rest area bagi para pengendara yang melewati jalur Cipaku-Cijeruk. Lokasi tersebut dianggap sangat strategis bila digunakan sebagai rest area.
Aip menerangkan, Pemdes Palasari memanfaatkan lahan kosong untuk kepentingan warga. Ia bersyukur ada salah satu investor yang mau kerja sama untuk pemerataan tanah tersebut. Pemanfaatan lahan kosong tersebut hasil musyawarah seluruh lembaga desa dan menyepakati lahan kosong atau tanah bengkok akan dibangun rest area.
“Alhamdulilah sampai hari ini telah selesai cut and fill-nya. Baru dibangun pom bensin mini atau Pertashop yang dikelola oleh masyarakat setempat. Uang sewanya pun bukan untuk saya pribadi tapi masuk ke uang kas desa. Walaupun dalam Permendagri ada aturan bahwa lahan bengkok dapat digunakan untuk keperluan kepala desa, namun saya tidak menggunakan hak tersebut untuk kepentingan pribadi,” kata Aip kepada Metropolitan.id, Selasa (8/3/2022).
Ia juga menjelaskan, dana kas desa tersebut dapat digunakan oleh masyarakat melalui musyawarah terlebih dahulu dengan seluruh lembaga desa, yaitu ketua RT, RW, BPD dan LPM. “Untuk luas 300 meter uang sewanya sebesar Rp22 juta pertahun dan itu sebagai PAD Palasari bukan masuk kantong pribadi saya,” ujarnya.
Ke depanya pembangunan akan terus dilanjutkan sesuai siteplan yang telah dibuat oleh arsitek yang telah ditunjuk dan berpengalaman. Sehingga rest area dapat menarik pengunjung untuk berisitirahat sebelum melanjutkan perjalanannya.
“Nanti akan ada Pujasera, terutama UMKM. Ada juga gedung serba guna, musala dan taman bermain. Itu lengkap dan kami akan terus membangun mewujudkan rest area tersebut. Pihak kecamatan pun telah mengapreasi adanya rest area tersebut,” paparnya.
Terpisah, Sekcam Cijeruk, HM Farulloh  mengapreasiasi Pemerintah Desa Palasari yang memanfaatkan lahan kosong atau tanah bengkok untuk dibangun rest area. Sebab, lokasinya yang strategis, tepat di pinggir jalan raya Palasari-Cijeruk atau sebagai penyangga ibu kota Jakarta. Sehingga tepat lahan tersebut apa bila dibangun rest area.
“Tentunya kami pihak Pemerintah Kecamatan sangat mengapresiasi kinerja Pemdes Palasari karena tanah bengkok  tersebut dimanfaatkan bukan untuk kepentingan pribadi tapi untuk kepentingan umum. Kami berharap ke depa rest area tersebut dapat segera terwujud dan masyarakat Palasari dapat menikmati hasil pembangunannya,” ujarnya. (nto/b/els)

Baca Juga  Lulus Program Sekolah Pemerintahan Desa, Kades Palasari Cijeruk Diwisuda

Leave a Reply

Your email address will not be published.