Telkomsel Dukung Even MotoGP dengan Teknologi 5G

by -

METROPOLITAN – Wisatawan yang menonton perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, mendapat pengalaman aktivitas digital yang baru. Itu setelah Telkomsel menghadir­kan teknologi 5G di area bala­pan premium tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi ber­basis jaringan 5G, para peng­unjung bisa mengakses inter­net dengan kecepatan tinggi.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit men­gatakan, pemasangan 5G di kawasan sirkuit adalah bentuk dukungan terhadap MotoGP Mandalika. “Kita ingin mem­berikan experience baru ke pengunjung dalam berinter­net,” katanya saat meninjau outlet Telkomsel di kawasan Sirkuit Mandalika.

Melalui showcase yang di­gelar di booth resmi Telkom­sel di Sirkuit Mandalika, ke­cepatan teknologi 5G lebih dari 5 Gbps. Kecepatan itu sangat mendukung aktivitas digital para penonton. Ter­masuk seluruh kru even Mo­toGP. Mereka bisa melakukan live streaming dan mengung­gahnya ke channel YouTube dengan cepat.

Bahkan beberapa turis asi­ng yang datang ke Mandalika pernah menyampaikan pen­galamannya lewat medsos. “Di negara mereka sendiri belum ada (teknologi 5G, Red). Kita di Indonesia sudah bisa menghadirkan 5G. Ini kan menyangkut image positif Indonesia di mata tamu asing,” papar Sigit.

Baca Juga  Smartfren Kembangkan Data Center 1.000 MW

Di Lombok, Telkomsel sudah memasang teknologi 5G di dua spot. Selain Sirkuit Mandalika, spot lain adalah area Bandara Internasional Lombok (BIL). Dua lokasi tersebut sangat po­tensial dalam mengembangkan teknologi jaringan seluler ge­nerasi kelima itu. Ada pun secara nasional, Telkomsel sudah merambah 9 kota besar di Indonesia.

Meski demikian, Telkomsel secara bisnis belum memasti­kan untuk mengembangkan 5G dalam waktu dekat. Anak perusahaan Telkom itu akan melihat use case terlebih da­hulu. Masih menunggu eko­sistem dan network yang men­dukung. “Secara komersial masih dikaji lagi. Salah satunya karena investasi masih terlalu mahal,” jelas Sigit. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *