Tempuh 17 Ribu Kilometer di 32 Provinsi, Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI Finish di Kota Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Setelah menempuh jarak 17 Ribu kilometer selama lima bulan dengan melintasi 32 provinsi 15 pulau dan 7 gunung tertinggi di Indonesia, tim Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengakhiri petualangan di Kota Bogor, Selasa (28/3).

Empat rider menjalani misi touring JKW-PWI yaitu Yanni Krishnayanni, Sonny Wibisono, Indrawan Ibonk, Aji Tunang Pratama. Sedangkan Agus Blues Asianto meninggal dunia saat perjalanan.

Kedatangan tim JKW-PWI dijemput langsung PWI Kota Bogor, dengan dikawal anggota Satlantas Polresta Bogor Kota, Dishub Kota Bogor, dan Polmas Bogor Raya sejak di kawasan Simpang Ciawi.

Selanjutnya, rombongan berkendara menuju Balai Kota Bogor dan disambut oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim serta jajaran Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) Bogor. Rombongan diajak untuk bincang-bincang di ruang Paseban Sri Bima Balai Kota Bogor.

Baca Juga  Tuntut Kebijakan Iklim Lebih Baik, Ribuan Pelajar Belanda Bolos Sekolah

Wakil Bendahara Umum PWI Pusat, Dar Edy Yoga yang ikut menyambut tim dari JKW-PWI di Balai Kota Bogor mengatakan bahwa dengan adanya tim jelajah wartawan kebangsaan keliling Indonesia, masyarakat diajak untuk melihat kondisi dan situasi Indonesia lebih dekat.

“Semua bisa tahu bahwa Indonesia itu begitu indah, begitu sempurna diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai macam ada di Indonesia ini,” katanya.

Selain mengajak masyarakat untuk melihat Indonesia lebih dekat, tim JKW-PWI juga menyampaikan pesan semangat, patriotisme dan nasionalisme bahwa di tengah kondisi dan situasi keterbatasan saat ini, mengajarkan ada semangat tanpa menyerah yang terus bergerak.

Sebab, kata dia, selain tugas utama melakukan reportase atau peliputan dan mencari serta menulis berita, wartawan juga dituntut untuk melihat kondisi Indonesia dari dekat dan secara langsung.

Baca Juga  Kabupaten Bobar Tinggal Nunggu ‘Teken’ Jokowi

“Indonesia yang penuh keberagaman ini benar-benar Bhineka Tunggal Ika, benar-benar rasa persaudaraan antara kita itu begitu eratnya, itu dirasakan oleh tim jelajah kebangsaan. Di mana mereka bisa sanggup dengan tangan terbuka oleh saudara-saudarq kita di berbagai provinsi di berbagai pulau sampai yang terluas,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengaku bangga dan tersanjung lantaran Kota Bogor dipilih sebagai titik finish perjalanan tim JKW-PWI.

Ia berharap dengan pengalaman yang cukup banyak, bisa terdokumentasikan dengan baik. Untuk kemudian bisa pelajari dan mengambil inspirasi dari apa yang dilakukan JKW-PWI.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti bersyukur dan bangga bahwa tim JKW-PWI bisa tiba dengan selamat di Kota Bogor.

Baca Juga  Jelang PTM, Pemkot Bogor Bersih-Bersih PKL, Dedie Rachim : Anak-Anak Potensi Jajan Sembarangan

Apalagi, Kota Bogor dijadikan lokasi finis dari perjalanan tim JKW-PWI.

“Sebuah perjalanan yang sangat menginspirasi bagi kami. Terima kasih kepada Pemkot Bogor dan jajaran serta pihak lainnya yang sudah menyambut kedatangan tim JKW-PWI,” tukasnya.

Rombongan kemudian bergerak untuk mengunjungi lokasi taman tematik di Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan dengan dilepas oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *