Tingkatkan Peranan Linmas, 88 Kades Digembleng

by -
88 Kepala Desa diberikan pemkalan oleh Satpol PP Kabupaten Bogor soal Perlindungan Masyarakat (Linmas).

METROPOLITAN.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor menggembleng 88 kepala desa soal Perlindungan Masyarakat (Linmas). Dalam acara tersebut para kepala desa diberikan pemahaman tentang pembinaan kelinmasan kepada anggota Linmas yang ada disetiap desa.

“Kades merupakan Kasat Linmas ditingkat desa. Sehingga mereka harus mengetahui cara melakulan pembinaan kepada anggota Linmas,” kata Kepala Bidang Linmas pada Satpol PP Kabupaten Bogor Teguh Sugiarto.

Teguh juga menjelaskan, dalam pembekalan yang diberikan kepada kades dihadiri oleh Kepala Subdit Linmas dari Kemendagri Fadly Elwa, Kasubdit Linmas Pemprov Jabar Irvan Sujadi dan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor.

Selain itu, kehadiran Linmas ditingkat desa diharapkan dapat membantu pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa dari segi ketertiban umum ataupun yang lainnya. Sebab, lanjut Teguh, Linmas sendiri mempunyai peranan yang penting di desa.

Baca Juga  Tata Desa Lebih Baik Lagi

“Seperti melakukan koordinasi kepada TNI dan Polri, lalu dalam hal kebencanaan diharapkan anggota Linmas ini bisa membantu melakukan koordinasi. Apalagi disetiap kegiatan pemerintahan Linmas ini sering dilibatkan,” kata dia.

Sementara itu, jumlah anggota Linmas yang ada di Kabupaten Bogor mencapai 10.840 orang. Sebab dari aturan di Kemendagri setiap desa minimal wajib mempunyai 25 anggota Linmas, tingkat kecamatan 10 anggota Linmas dan tingkat Kabupaten 30 anggota Linmas.

“Sementara yang tercatat ada 10.840 anggota Linmas. Tapi itu bisa kemungkinan bertambah karena ada dibeberapa desa yang memiliki anggota Linmas lebih dari 25 orang. Tergantung dari kebutuhan masing-masing desa,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, kedepan akan melalukan apel gabungan untuk membentuk Satgas Linmas desa, hingga tingkat kabupaten yang nantinya akan di kukuhkan oleh Bupati Bogor.

Baca Juga  Ruangan Bupati Muara Enim Disegel Oleh KPK, Sumatera Selatan

“Kita sedang menyiapkan perbupnya saat ini kaitan linmas ini,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.