22 Klien Pemasyarakatan di Bapas Bogor Ikut Pelatihan Cuci Sepatu, Diberi Modal Sampai Diangkat Jadi Sekretaris

by -

METROPOLITAN.id – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor menggelar pelatihan keahlian berupa mencuci sepatu kepada 22 klien pemasyarakatan baru-baru ini.

Pelatihan yang diberinama kegiatan Bimbingan Kemandirian Laundry Sepatu itu dilaksanakan bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) dari Yayasan Dewi Sekar Wangi.

Kepala Bapas (Kabapas) II Bogor, Teolina Saragih mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program pembinaan yang menjadi bagian Upaya Reintegrasi Klien Pemasyarakatan setelah menjalani masa hukuman di Lapas.

Untuk itu, Kabapas berharap kegiatan pelatihan ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh semua klien, sehingga dapat menjadi bekal keahlian di kemudian hari.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud supaya kawan-kawan mendapatkan ilmu baru yang bisa dipakai sebagai modal usaha,” kata Teolina kepada wartawan.

Baca Juga  Bela Jabar, Rama Bawa Pulang Medali PON XX Papua, Emas Pertama Buat Kota Bogor

“Hal ini juga sejalan dengan upaya Ditjen Pemasyarakatan untuk memaksimalkan Program Reintegrasi kawan-kawan mantan warga binaan supaya memiliki kehidupan dan penghidupan yang lebih baik di masyarakat,” sambungnya.

Menurutnya, dalam pelatihan ini pihaknya tidak hanya sekedar mengajarkan bagaimana klien pemasyarakatan dapat mencuci sepatu dengan benar dan tidak merusak bahan sepatu itu sendiri.

Melainkan, beberapa klien pemasyarakatan juga langsung diajak untuk bergabung bekerja di tempat yang sudah disediakan.

“Ada sebagian yang sudah daftar, bahkan satu perempuan jadi sekretaris, dua orang langsung dipinjamkan modal untuk langsung buka usaha,” ucapnya.

Adapun, dijelaskan Kabapas, peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan narapidana yang telah mendapatkan jaminan bebas bersyarat setelah menjalani masa hukumam di Lapas yang tersebar di wilayah Bogor dan Depok.

Baca Juga  Forkopimda Bakal Bubarkan Kerumunan Perayaan Tahun Baru di Bogor, Bima Arya: Silahkan Merenung di Rumah

Diantaranya, 5 Lapas di wilayah Bogor hingga 1 Rutan dan 2 Cabang Rutan yang ada di wilayah Depok.

“Semua kasus ada disini. Mulai dari narapidana umum, narkoba sampai teroris,” ujar Teolina.

Sementara itu, dalam kegiatan pelatihan ini sebanyak dua orang instruktur mengajarkan teknik-teknik mencuci sepatu yang benar sehingga tidak merusak bahan sepatu itu sendiri.

Selain itu, seluruh Klien Pemasyarakatan juga diberikan Paket Pelatihan yang dapat dimanfaatkan untuk usaha Laundry sepatu. (rez) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *